Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PTKI Diminta Berakselerasi demi Wujudkan World Class University

Kompas.com - 14/09/2023, 17:47 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) diminta melakukan langkah strategis dan akseleratif dalam mewujudkan World Class University (WCU).

Kasubdit Kelembagaan dan Kerjasama Kemenag, Thobib Al Asyhar menyampaikan, target capaian "World Class University" bagi PTKIN perlu dijabarkan melalui langkah konkret yang terukur.

Baca juga: Kemendikbud: Minat Mahasiswa Baru Turun untuk Ambil Studi D3 dan D4

Misalnya, penyediaan informasi melalui website berbahasa Inggris dan arab, program penerjemahan (translasi) karya-karya akademik terpilih melalui website maupun jurnal terindeks.

"Kita selama ini sering sebut menuju World Class University (WCU), tetapi apa yang sudah kita lakukan selama ini? Pengen going global, tetapi kita tidak pernah menginformasikan aktifitas kampus dengan bahasa yang bisa dipahami oleh warga dunia, yaitu berbahasa Inggris dan Arab. Bagaimana kita bermimpi kelas dunia, tetapi kita menggunakan informasi berbahasa lokal?" tegas Thobib dikutip laman Kemenag, Kamis (14/9/2023).

Thobib minta PTKIN menggerakan budaya translasi (penerjemahan) karya-karya ilmiah terpilih dan dipublikasi secara massif.

"Budaya translasi harus digalakkan di dunia kampus dan dipublikasi agar dapat dikomsumsi oleh masyarakat internasional. Sebenarnya hasil-hasil riset PTKIN banyak yang bagus, hanya sayangnya jarang diterjemahkan dan hanya masuk rak-rak buku perpusatakaan, sehingga tidak dikenal oleh dunia internasional," ucap Thobib.

PTKI, sebut dia, juga harus mulai membuat standardisasi layanan, khususnya penyediaan dormitory bagi mahasiswa internasional yang layak, nyaman, dan lengkap.

Kualitas pelayanan melalui kantor International Office akan menjadi barometer kepuasan mahasiswa internasional yang dapat menjadi pintu promosi di dunia internasional.

Baca juga: Deretan 11 Beasiswa S2 Dalam Negeri, Bisa Kuliah Gratis

"Standardisasi layanan kepada mahasiswa internasional sangat penting. Mereka adalah duta-duta dunia yang akan menjadi magnet bagi warga dunia lain, sehingga perlu dilayani dengan baik, dormitory yang layak dan nyaman," jelas dia.

Terkait dengan pencapaian world rank, PTKIN perlu menonjolkan subjek keunggulan dalam bidang Islamic Studies yang berwatak moderat.

"Jika kita ingin mengejar world rank dengan segala instrumennya, pasti kita akan kalah dari mereka yang lebih dulu. Caranya kita perlu menguatkan kelebihan kita dalam bidang Islamic Studies melalui berbagai hasil-hasil penelitian yang dapat men ginspirasi dunia dalam berbagai kemasan produk akademik," tegas dia.

Rektor UIN Satu, Maftuhin menekankan, internasionalisasi perguruan tinggi harus diimbangi dengan kualitas kampus, sehingga orang asing tertarik belajar di sini.

Baca juga: 22 Guru Besar Baru UNS Akan Dikukuhkan Sepanjang September 2023

Di UIN Satu, ada mahasiswa internasional dari 34 negara, dan ke depan akan terus didorong agar jumlah mereka terus bertambah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com