Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Resah dengan Masalah Lingkungan, Alumnus JCU, Singapore Ini Bantu Perusahaan Kurangi Dampak Perubahan Iklim

Kompas.com - 14/09/2023, 16:24 WIB
Inang Sh ,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Siapa sangka, keseharian Callista Daniella Bachtiar sewaktu kecil sebagai warga Jakarta mengantarkannya menjadi konsultan untuk strategi menghadapi perubahan iklim.

Saat itu, Callista mengaku sering terpapar polusi di Ibu Kota. Ia juga merasa sedih dengan kondisi pantai-pantai di Indonesia yang semakin kotor.

Sejak saat itu, perempuan yang akrab disapa Kelly ini memiliki harapan untuk ikut andil mengatasi berbagai masalah terkait perubahan iklim. Makanya saat berusia 13 tahun, dia aktif mengikuti kegiatan bersih-bersih pantai hingga pelepasan penyu.

Puncaknya, dia memilih program studi Bachelor of Business and Environmental Science di James Cook University (JCU), Singapore.

Beruntungnya, universitas papan atas dunia itu memenuhi ekspektasi Kelly untuk belajar tentang lingkungan dan keberlanjutan.

Dia memilih JCU, Singapore karena universitas ini bisa membuat bachelor degree menjadi dua tahun, kurikulum yang relevan dengan dunia kerja, hingga materi-materi yang mengikuti tren industri.

Baca juga: Kisah Sheryl Natasha, Lulusan James Cook University, Singapore yang Kini Bekerja di Amazon Web Services

“Kuliah di JCU, Singapore membantuku mengetahui bidang apa dari keberlanjutan yang ingin aku tekuni. Sebab, bidang dalam program studi ini sangat luas,” jelasnya kepada Kompas.com, Selasa (8/8/2023).

JCU, Singapore memberinya eksposur terhadap bermacam-macam bidang, seperti marine biology, aquaculture, sustainability, dan lainnya. 

Kelly menyebutkan, materi-materi tersebut memberinya fondasi kuat untuk meningkatkan pengetahuannya, khususnya dalam dunia pekerjaan.

“Perkuliahan di JCU, Singapore memberiku pengetahuan untuk melihat tren perkembangan dunia dan bekerja dengan klien. Tanpa fondasi itu, aku tidak bisa naik ke level sekarang,” katanya.

Kini, Kelly bekerja di Southpole sebagai konsultan untuk strategi menghadapi perubahan iklim. Southpole adalah perusahaan swasta yang memberikan konsultasi bagi perusahaan-perusahaan untuk mengurangi emisi dan menjalankan aksi iklim.

Baca juga: Internasionalisasi Pembelajaran, UK Petra Kolaborasi dengan James Cook University, Singapore

“Kami mengembangkan proyek-proyek pengembangan energi baru terbarukan, termasuk membantu perusahaan mengurangi gas rumah kaca (GRK),” ujarnya. 

Kelly mengatakan, Southpole menangani perusahaan-perusahaan multinasional yang memiliki emisi lebih intensif karena aktivitas bisnisnya besar.

“Aku ingin mengatasi masalah iklim yang lebih besar, yaitu perusahaan yang menghasilkan emisi lebih besar. Jadi, dengan bekerja sebagai konsultan bagi perusahaan-perusahaan tersebut, aku bisa membuat perbedaan besar,” katanya.

Momen favorit kuliah di JCU, Singapore 

Kelly mengatakan, salah satu momen favorit semasa berkuliah di JCU, Singapore adalah menerima kelas dari Dr Neil Hutchinson.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com