Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prodi Magister Ilmu Administrasi Unkris Buka Konsentrasi Administrasi Kesehatan

Kompas.com - 13/09/2023, 19:23 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Program Studi Magister Ilmu Adminsitrasi (MIA) Universitas Krisnadwipayana (Unkris) secara resmi membuka konsentrasi baru yakni Administrasi Kesehatan yang bertujuan memenuhi kebutuhan akan tenaga administrasi bidang kesehatan kompeten dan professional.

Dalam keterangan tertulisnya, Rektor Unkris Ayub Muktiono menjelaskan, prodi MIA Unkris memiliki kurikulum yang didesain secara komprehensif untuk menyiapkan para mahasiswa memiliki kemampuan analisis dan teknis.

Lulusan diharapkan mampu menyelesaikan masalah berkaitan dengan kebijakan publik maupun sektor privat melalui proses perumusan dan pengambilan keputusan yang sistematis dan efektif.

“Pembukaan konsentrasi baru ini melengkapi konsentrasi yang sebelumnya sudah kami miliki yakni Administrasi Publik, Administrasi dan Kebijakan Pendidikan, Inovasi dan Bisnis Sektor Publik serta Keuangan dan Pajak Daerah," jelas Rektor Unkris.

"Semester ganjil tahun ini kami sudah menerima mahasiswa, dan akan dibuka setiap semester,” kata Ayub Muktiono.

Prodi MIA Unkris, lanjut Rektor, menggunakan sistem kurikulum mengacu kepada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) serta perkuliahan berbasis SCL (Student Centered Learning).

"Keduanya mengkombinasikan model kuliah (lecturing), demonstrasi, kelompok studi kecil (buzz group) melalui blended learning, diskusi, brainstorming, case study, role play, simulasi dan seminar secara sistemik,” jelas Rektor, Selasa (12/9/2023).

“Perkuliahan Prodi MIA Unkris juga memanfaatkan penggunaan teknologi informasi dalam proses perkuliahan,” tambahnya.

Dr. Uchaimid B.R, Wakil Dekan Bidang Akademik FIA Unkris.DOK. UNKRIS Dr. Uchaimid B.R, Wakil Dekan Bidang Akademik FIA Unkris.

Hal senada disampaikan Uchaimid B.R, Wakil Dekan Bidang Akademik FIA Unkris.

Kurikulum konsentrasi Administrasi Kesehatan didesain supaya mahasiswa memahami dan mampu menerapkan perencanaan dan evaluasi serta memberi mutu pelayanan yang baik di tingkat instansi pemerintah atau layanan kesehatan rumah sakit.

“Karena itu kami menerjunkan dosen langsung dari kalangan praktisi maupun akademisi di bidang Kesehatan dari Kampus Universitas Indonesia dan Universitas Kriten Indonesia,’ jelasnya.

Guna menunjang publikasi dan pengabdian MIA Unkris memiliki Laboratorium Inovasi (LABINOV).

LABINOV membantu Pemerintah Kabupaten/Kota dalam melakukan inovasi dibidang pelayanan publik, kebijakan, sumber daya manusia, keuangan daerah, tata kelola dan pendapatan daerah.

MIA UNKRIS juga memiliki portal jurnal online dalam menampung publikasi dosen dan mahasiswa melalui ANTASENA: Governance and Innovation Journal.

Baca juga: 11 PTN yang Baru Buka Prodi Kedokteran, Siap-siap Daftar Tahun Depan

"Konsentrasi diharapkan mampu menjadi salah satu alternatif pilihan favorit masyarakat khususnya yang membidangi layanan kesehatan yang lebih baik serta mampu diterapkan pada setiap aspek kebutuhan dunia kerja yang ada pada masyarakat pada umumnya," tutup Uchaimid.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com