Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Prodi FT UNJ Gelar Pemberdayaan Masyarakat Muara Gembong Jabar

Kompas.com - 05/09/2023, 17:41 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Desa Pantai Sederhana dan Desa Pantai Mekar, Kecamatan Muara Gembong, Bekasi, Jawa Barat, merupakan desa binaan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta (FT UNJ).

Terkait hal itu, tim dosen Program Studi (Prodi) Pendidikan Tata Rias serta Prodi Kosmetik dan Perawatan Kecantikan FT UNJ menggelar Pemberdayaan kepada Masyarakat (PkM) dengan tema “Menjaga Kesehatan dan Kecantikan di Kecamatan Muara Gembong”.

Kegiatan dilaksanakan pada bulan Agustus 2023 dan dihadiri 45 peserta.

Wilayah Muara Gembong mempunyai daya tarik tersendiri dengan potensi alam yaitu kampung wisata bahari, budidaya rumput laut, ekowisata mangrove, pemancingan ikan, produksi ikan bandeng dan sebagainya.

Selain menjadi daya tarik wisata, wilayah Muara Gembong juga menjadi sarana edukatif bagi para warga lokal maupun sekitarnya.

Oleh sebab itu perlu kesiapan SDM dalam mewujudkan upaya pemerintah setempat mempromosikan sektor wisata di Muara Gembong dengan meningkatkan kualitas warga setempat agar memiliki motivasi tinggi meningkatkan taraf ekonomi keluarga.

 

Kegiatan penyuluhan dan pelatihan dibagi menjadi beberapa tema yaitu: Pelatihan Pembuatan dan Penggunaan Masker Rumput Laut, Pelatihan Pembuatan Sabun Cair Badan (Body Wash) dengan memanfaatkan Ektrak Daun Mangrove, Pelatihan Pembuatan dan Menghias Hantaran, Pemanfaatan Limbah Cangkang Kerang untuk Cindera Mata (hiasan rambut).

Kegiatan mendapat sambutan hangat Kepala Desa, dan Wakil Kepala Desa, serta warga setempat yang terlihat sangat antusias mengikuti pelatihan tersebut.

Para narasumber kegiatan terlibat terdiri dari dosen Prodi Pendidikan Tata Rias serta Prodi Kosmetik dan Perawatan Kecantikan FT UNJ, antara lain: Lilies Yulastri, Eti Herawati, Dwi Atmanto, Mari Okatini, Lilis Jubaedah, Sri Irta Widjajanti, Elvyra Yulia, Neneng S. Silfi A.

Kegiatan PkM ini juga turut melibatkan mahasiswa BEM dari tiga Prodi yang ada untuk mendukung program pendampingan dalam rangka peningkatan SDM di Muara Gembong, Bekasi.

Baca juga: Mahasiswa KKN IPB Kenalkan Pestisida Nabati dengan Bahan Dapur

Ragam pelatihan pemberdayaan masyarakat 

Kegiatan pertama, “Pelatihan Pembuatan dan Penggunaan Masker Rumput Laut Melalui Media Buku Saku di Lingkungan Kelurahan Pantai Mekar, Muara Gembong, Bekasi” dilaksanakan oleh Mari Okatini Armandari, dan Neneng Siti Silfi Ambarwati selaku tim dosen. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com