Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikut Olimpiade Informatika 2023 di Hongaria, Siswa Indonesia Raih 4 Medali

Kompas.com - 08/09/2023, 12:03 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Prestasi membanggakan kembali diraih oleh siswa terbaik Indonesia. Ada empat siswa yang meraih empat medali di ajang Olimpiade Informatika Internasional.

Adapun mereka ikut International Olympiad in Informatics (IOI) ke-35 yang digelar di Szeged, Hongaria, pada 28 Agustus-4 September 2023.

Tiga medali perak diraih oleh Vannes Wijaya (SMAN 8 Pekanbaru), Matthew Allan (SMA Kanisius Jakarta), dan Albert Ariel Putra (SMA Kristen Petra 4 Surabaya).

Adapun satu lagi medali perunggu diraih oleh Joel Gunawan dari SMAS Kristen Gloria 2 Surabaya.

Baca juga: Sejarah KTT ASEAN, Siswa Harus Paham

Saat tiba di Tanah Air, Selasa (5/9/2023), mereka disambut langsung oleh Staf Ahli Mendikbud Ristek bidang Manajemen Talenta, Tatang Muttaqin, di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta.

Tatang menyampaikan rasa bangga dan terima kasih atas prestasi yang telah diraih para siswa tersebut.

"Selamat kepada para adik-adik yang telah menorehkan prestasi di ajang Olimpiade Informatika Internasional. Ajang ini merupakan lomba yang sangat penting dan prestisius sehingga sangat kompetitif," ujar Tatang dalam keterangan tertulisnya, Jumat (8/9/2023).

Pada kesempatan itu, Tatang juga menjelaskan bahwa sebagian besar siswa berprestasi di ajang IOI telah diterima di perguruan tinggi luar negeri.

Mereka yang diterima itu dengan Beasiswa Indonesia Maju (BIM).

"Mudah-mudahan mereka bisa kembali ke Tanah Air dan akan mengembangkan transformasi digital di Indonesia," terangnya.

Baca juga: Ribuan Peserta Ikut OSN 2023, Ajang Kembangkan Karakter dan Prestasi Siswa

Adapun Plt Kepala Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Hendarman juga turut memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada para siswa yang menorehkan prestasi di ajang IOI.

"Selamat dan sukses atas prestasi yang diraih. Jadikan ini pengalaman berharga untuk tetap berprestasi di masa mendatang," kata Hendarman.

Pada ajang tersebut, keempat siswa didampingi oleh tim pembina yakni Ashar Fuadi selaku International Technical Commitee Member, Jonathan Irvin Gunawan selaku International Scientific Committe, Prabowo Djonatan selaku Leader, Yohandi selaku Deputy Leader, dan Brian Marshal selaku Guest.

Kelimanya merupakan bagian dari Ikatan Alumni Tim Olimpiade Komputer Indonesia (IA-TOKI).

Menurut Prabowo Djonatan, semua siswa telah melakukan yang terbaik dalam ajang IOI ke-35. Sebab, tahun ini soal-soal yang diujikan lebih sulit.

Hal itu terlihat dari keseluruhan nilai semua peserta yang lebih kecil daripada tahun sebelumnya.

"Namun, performa tim Indonesia bisa dikatakan sangat baik karena berhasil mendapatkan nilai yang cukup tinggi," ungkapnya.

Matthew Allan, peraih medali perak, merasa sangat bersyukur dapat membanggakan Indonesia.

Baca juga: OSN 2023: Pemenang Maju ke Tingkat Internasional 2024, Ini Daftar Negaranya

"Untuk teman-teman lainnya yang paling penting adalah rajin belajar, berdoa, dan pantang menyerah. Terima kasih kepada Kemendikbud Ristek dan pembina yang telah mendukung kami," tutur Matthew.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com