Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Jurusan Kuliah Punya Peluang Karier Tinggi di Korea Selatan

Kompas.com - 07/09/2023, 08:18 WIB
Theresia Aprilie,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Korea Selatan merupakan salah satu negara yang memiliki pertumbuhan ekonomi pesat. Pertumbuhan ekonomi ini didukung dari berbagai bidang, seperti teknologi, hiburan, otomotif, dan lain sebagainya.

Hal ini tentu menjadikan Korea Selatan sebagai destinasi yang memiliki daya tarik tersendiri bagi mahasiswa atau fresh graduate, terlebih bagi mereka yang menginginkan peluang karier yang cerah.

Baca juga: 10 Jurusan Teknik Informatika Terbaik Indonesia, Ada Binus dan Telkom

Dilansir dari lembaga pelatihan kerja ke luar negeri, berikut ini 5 jurusan kuliah yang memiliki peluang karier tinggi di Korea Selatan.

1. Teknik dan teknologi

Korea Selatan merupakan negara yang menjadi pusat teknologi global, mulai dari teknologi elektronik, otomotif, sampai dengan manufaktur.

Berbagai perusahaan teknologi besar, seperti Samsung, LG, Hyundai, dan lain sebagainya berpusat di negara ini.

Dengan adanya latar belakang ini, tidak heran jika permintaan akan lulusan teknik terus mengalami peningkatan. Terlebih, teknologi selalu memerlukan inovasi dari waktu ke waktu.

2. Ekonomi dan bisnis

Pertumbuhan ekonomi yang signifikan di Korea Selatan telah terjadi dalam beberapa waktu terakhir. Hal ini tentu mendorong permintaan akan lulusan dalam bidang ekonomi dan bisnis.

Baik perusahaan domestik, maupun perusahaan multinasional juga membutuhkan karyawan profesional untuk mengelola aspek bisnisnya.

 

Kompetensi ini meliputi kemampuan untuk memahami tren pasar global serta keterampilan manajemen, dan pemasaran yang solid.

Baca juga: Puri Pramudiani, Mahasiswa S3 UPI yang Lulus dengan IPK 4,00

3. Kedokteran dan kesehatan

Di setiap negara, kesehatan merupakan aspek yang selalu menjadi prioritas.

Adanya pertumbuhan penduduk dan peningkatan kesadaran akan kesehatan di Korea Selatan, menyebabkan banyak fasilitas kesehatan yang dibuka.

Fasilitas-fasilitas kesehatan ini memerlukan dokter, perawat, bagian farmasi, serta profesi lainnya yang berkaitan dengan kesehatan untuk memberikan layanan medis yang terbaik bagi para pasien.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com