Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tingkatkan Kompetensi, Swasti Farm Gelar Pelatihan Guru SMK Vokasi Pertanian

Kompas.com - 30/08/2023, 10:53 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Pertanian (BBPPMPV) Kemendikbudristek mengirim belasan guru Sekolah Menengah Kejuruan di seluruh Indonesia ke Swasti Farm, farm ikan Guppy terbesar di Indonesia, di Yogyakarta.

Program pelatihan Upskilling dan Reskilling bagi  guru Sekolah Menengah Kejuruan ini akan dilaksanakan mulai dari tanggal 28 Agustus hingga 6 September 2023.

"Program Magang Peningkatan Kompetensi Guru Kejuruan yang Mengikuti Upskilling dan Reskilling Berbasis Industri ini kami desain untuk bermitra dan berkolaborasi dengan pelaku industri yang telah terbukti memiliki kapasitas dan kemampuan yang sangat teruji," ungkap Bagus Budi Setiawan perwakilan BBPPMPV Kemendikbudristek.

Ia menjelaskan, industri ikan hias tengah mengalami pertumbuhan sangat progresif sejak masa pandemi dan saat ini telah kembali ke posisi ideal dalam permintaan pasar. Di awal pandemi, banyak pemain baru muncul dalam industri ini.

Namun, saat ini hanya beberapa pemain yang tersisa, yang secara alami adalah mereka yang benar-benar memiliki ketertarikan dan kecintaan terhadap ikan hias. Salah satunya adalah Swasti Farm, yang dikenal sebagai Farm Ikan Guppy terbesar di Indonesia.

Mereka dianggap akan menjadi penentu arah pertumbuhan ikan hias di masa yang akan datang. Tidak hanya memiliki pengetahuan yang mumpuni dalam mengembangbiakkan ikan hias, tetapi juga memiliki kemampuan beradaptasi yang kuat di industri ini.

Baca juga: 10 Beasiswa S1 Luar Negeri buat Siswa SMK, Bisa Kuliah Gratis

"Sebagai salah satu pelaku utama dalam industri ikan hias dengan struktur organisasi yang sangat komprehensif, Swasti Farm telah membuktikan kapasitas dan kredibilitasnya dalam mengelola sebuah peternakan ikan hias dengan luas total lebih dari empat ribu meter persegi," jelasnya.

Peningkatan mutu SMK

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com