Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alumnus 2 SMK Ini Jebolan Indonesian Idol

Kompas.com - 17/08/2023, 21:17 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) memperingati HUT ke-78 Republik Indonesia (RI).

Pelaksanaan di tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, karena pada tahun ini terdapat penampilan spesial dari insan pendidikan vokasi.

Tidak tanggung-tanggung, dua alumnus pendidikan vokasi yang merupakan jebolan ajang pencarian bakat Indonesian Idol berhasil didatangkan untuk berkolaborasi dengan para siswa SMK TI Muhammadiyah Cikampek yang tergabung dalam grup MUTU Orkestra SMK TI Muhammadiyah Cikampek.

Baca juga: Binus Dirikan Satu University, Biaya Kuliah Rp 6 Juta Per Semester

Kolaborasi seni pertunjukan ini cukup unik mengingat pemusik yang mengiringi kedua alumnus tersebut bukan berasal dari sekolah musik, tetapi berasal dari SMK yang notabene berbau teknik industri.

Akan tetapi, background kompetensi keahlian yang dimiliki oleh para siswa SMK TI Muhammadiyah Cikampek ini bukanlah suatu penghalang untuk menghasilkan sebuah karya seni kolaborasi yang sangat spektakuler.

Tentunya untuk menghasilkan pertunjukan yang epik ini dibutuhkan kerja sama yang baik antarinsan pendidikan vokasi.

Siswa Jurusan Teknik Sepeda Motor SMK TI Muhammadiyah Cikampek, Hari Aditya menyampaikan, dalam mempersiapkan pertunjukan orkestra ini, dirinya bersama tim membutuhkan waktu latihan selama empat hari.

Mereka didorong dengan kedisiplinan yang tinggi agar bisa menghasilkan sesuatu yang indah.

"Setelah kita dikasih tahu bahwa orkestra SMK TI Muhammadiyah Cikampek berkesempatan untuk kolaborasi dengan dua penyanyi profesional di Kemendikbud Ristek tentu membuat kita tertantang sehingga tekanan dalam berlatih pun ditambah," kata dia dikutip dari laman Vokasi Kemdikbud, Kamis (17/8/2023).

"Pada kesempatan kali ini tim orkestra mengiringi lima lagu. Ini merupakan pengalaman yang sangat berharga karena tidak nyangka anak desa bisa tampil di kementerian dan bisa berkolaborasi dengan dua penyanyi ternama," tambah Aditya.

Alumnus SMKN 11 Medan sekaligus Top 6 Indonesian Idol 2023, Novia Anjelina Situmeang menyampaikan ini adalah kali pertama dirinya bisa ikut terlibat dalam acara Peringatan HUT ke-78 RI di Kemendikbud Ristek.

Baca juga: Maudy Ayunda Buka Program Beasiswa bagi Mahasiswa S1, Ayo Daftar

Kesempatan ini merupakan hal yang langka karena dirinya bisa mewakili siswa SMK di Indonesia untuk mengisi di acara ini.

"Deg-degan pastinya karena ini pertama kalinya saya mengisi di acara kementerian tetapi saya berusaha untuk memberikan yang terbaik supaya bisa mengharumkan nama pendidikan vokasi," ujar Novia.

Novia juga menambahkan alasan dia mengambil Jurusan Musik di SMKN 11 Medan, karena dirinya memiliki cita-cita untuk menjadi pengajar seni. Ilmu yang didapatkan ketika sekolah sangat berguna dalam perkembangan kariernya saat ini.

"Pendidikan vokasi adalah tempat yang tepat untuk kita mengasah kemampuan diri. Apabila kita sudah tahu minat kita di mana tekuni hal tersebut dan percayalah ketekunan itu akan membawa kita pada keberhasilan," tegas Novia.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com