Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ITB Buka Beasiswa Mini SBM buat Siswa SMA/SMK, Ada Peluang Kerja

Kompas.com - 18/08/2023, 20:50 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Institut Teknologi Bandung (ITB) melalui Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) kini punya 30 beasiswa bagi lulusan SMA/SMK.

Beasiswa ini diberikan bagi siswa yang memiliki ekonomi atau kondisi kurang beruntung (under privileged) agar mengikuti program mini SBM.

Baca juga: Beasiswa S2 dan S3 ke Irlandia Tanpa Batas Usia, Tunjangan Rp 317 Juta

Program ini mengajak siswa bisa belajar selama 6 bulan di SBM ITB, magang, dan ada peluang kerja di perusahaan TACO.

Program dengan tagline "Semua Bisa Belajar di SBM ITB" itu telah disiapkan sejak awal tahun ini bekerja sama dengan beberapa pihak, termasuk TACO yang terlibat dari fase perencanaan desain pembelajaran hingga memberikan akses untuk mendapatkan kesempatan magang dan berkarier di TACO.

Dosen Pakar Pengembangan Kepemimpinan SBM ITB, Donald Lantu mengatakan, akses pendidikan berkualitas dunia, seperti yang dimiliki oleh SBM ITB harus bisa dinikmati oleh semua orang.

Jangan sampai akses ini dibatasi oleh faktor ekonomi, geografis, dan sosial.

"Ada 4 juta lulusan SMA/SMK tiap tahunnya, tapi tidak sampai 2 juta remaja yang bisa melanjutkan kuliah. Melalui program free mini SBM ini, SBM ITB ingin memberikan solusi agar mereka mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan tingkat perekonomian dan kehidupan yang lebih baik," ucap Donald dilansir dari laman ITB.

Program ini dirancang secara khusus selama 6 bulan (bootcamp) di SBM ITB dan 6 bulan magang di perusahaan.

Program ini juga akan dilanjutkan dengan pengembangan karier sehingga akan berdampak jangka panjang untuk peserta.

Baca juga: 4 Beasiswa S1 yang Bisa Langsung S3 di Luar Negeri, Uang Saku Besar

TACO sebagai perusahaan swasta besar nasional yang bergerak di industri bahan bangunan dan home improvement telah berkomitmen untuk berpartisipasi dalam program ini.

Menurut Irwan Dewanto, HR Vice President TACO, dalam program ini pihaknya juga terlibat di dalam proses-proses pembelajaran, tidak hanya membantu di dalam mendesain kurikulum, bahkan peserta akan mengikuti pemagangan selama 6 bulan di TACO.

"Tentunya proses ini akan membantu meningkatkan kualitas calon pegawai, karena lulusan dari program ini nantinya akan mengikuti kesempatan seleksi untuk menjadi karyawan di perusahaan kami," ungkap Irwan.

Pakar Keuangan dan Manajemen Pendidikan Tinggi dari SBM ITB, Yunieta A. Nainggolan menambahkan, nantinya program akan dilengkapi dengan pembelajaran daring berkualitas dunia lainnya yang akan bekerja sama dengan Thunderbird School of Global Management yang memiliki program 100 million learners.

"Pembelajaran online untuk pengembangakan keterampilan kerja juga akan di-support oleh startup edutech besar nasional. SBM ITB sedang mengembangkan kurikulum pembelajaran nongelar yang mendorong peserta memiliki kemampuan pondasi untuk siap bekerja, memiliki kemampuan memimpin, berkomunikasi, berpikir logis dan memecahkan masalah," tambahnya.

Persyaratan beasiswa SBM ITB

Kriteria untuk bisa masuk ke program ini adalah sebagai berikut:

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com