Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/08/2023, 15:46 WIB
Dwi Nur Hayati ,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Universitas Tarumanagara (Untar) menggelar upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia (RI) di halaman Kampus I Untar, Kamis (17/8/2023).

Dalam ucapara tersebut, Rektor Untar Agustinus Purna Irawan bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup). Kegiatan ini tidak hanya diikuti dosen, karyawan, dan mahasiswa baru (maba) angkatan 2023, tetapi juga personel Komando Distrik Militer (Kodim) 0503 Jakarta Barat (Jakbar) dan Kepolisian Sektor (Polsek) Tanjung Duren.

Upacara peringatan HUT ke-78 RI menjadi puncak rangkaian kegiatan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) 2023. Kegiatan yang berlangsung sejak Senin (14/8/2023) ini mengajak Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) sebagai mitra kolaborasi.

Mengangkat tema “Build a Sense of Belonging by Leading Transformation,” kegiatan tersebut bertujuan untuk menanamkan jiwa nasionalisme, serta semangat bela negara dalam diri mahasiswa.

Baca juga: Momen Penumpang Kereta Berdiri Saat Detik-detik Proklamasi, KAI: Tumbuhkan Nasionalisme

Kegiatan PMB mengundang pembicara Komandan Jenderal (Danjen) Akademi TNI Letnan Jenderal (Letjen) TNI Teguh Arief Indratmoko, Kepala Pusat Psikologi TNI Laksamana Muda (Laksda) Wiwin Dwi Handayani, Komandan Pasukan Marinir (Pasmar) I Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI (Mar) Umar Farouq, dan Kepala Subbagian (Kasubbag) Sumber Daya Sumda Sekretaris Pusat Inafis (Sespusinafis) Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Rita Wulandari Wibowo.

Para pembicara tersebut menyampaikan topik yang dapat memberi bekal pemahaman dań pengetahuan mahasiswa baru khususnya guna menumbuhkan cinta Tanah Air dan kepedulian terhadap permasalahan yang ada di masyarakat.

Letjen TNI Teguh Arief Indratmoko menyampaikan pesan kepada mahasiswa baru untuk selalu semangat dalam mengejar pendidikan.

"Karena pendidikan merupakan salah satu hal yang penting saat ini, terutama untuk mengejar bonus demografi atau Indonesia Emas 2045," ujarnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (18/8/2023).

Baca juga: Jadi Inspektur Upacara HUT Ke-78 RI, Menaker: Bonus Demografi Kunci Wujudkan Indonesia Jadi Negara Maju

Menurut Teguh, kunci sukses seseorang adalah selalu optimis, memiliki karakter yang positif, disiplin, dan percaya diri.

Sementara itu, Laksda TNI Wiwin Dwi Handayani dalam sesinya membahas peran mahasiswa dalam bela negara.

Bela negara yang dimaksud, kata dia, bukan hanya mengarah kepada perang. Terutama untuk mahasiswa, mereka harus dapat membela Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan cara nonfisik, seperti berkarya dan berprestasi, pengabdian tulus sesuai profesi, dan mengikuti pendidikan dengan baik.

Pembicara lainnya, AKBP Rita Wulandari Wibowo menyampaikan topik “Sinergitas Satgas Pencegahan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS).”

Baca juga: Kekerasan Kultural: Pengertian dan Contohnya

Menurutnya, peran mahasiswa harus dapat mencegah terjadinya pelecehan atau kekerasan seksual, baik di dalam maupun di luar kampus.

Saat membuka kegiatan PMB, Rektor Untar Agustinus Purna Irawan mengingatkan mahasiswa untuk selalu menjalankan tugas sebagai mereka dengan benar.

Tugas yang dimaksud, yaitu meningkatkan pengetahuan, kemampuan, dan kompetensi, di bidang akademik dan nonakademik.

“Puncak pelaksanaan PMB adalah mahasiswa mengikuti upacara peringatan Hari Kemerdekaan RI bersama dosen dan karyawan Untar,” Agustinus.

Baca juga: Pelatih Paskibraka Sulbar Viral Marah Usai Upacara, Diduga Persoalkan Kualitas Kaos Tangan

Ia juga berpesan kepada mahasiswa agar menjaga semangat bela negara dan cinta Tanah Air selama kuliah di Untar.

Sebagai informasi, dalam upacara tersebut juga diisi dengan penampilan Paduan Suara Universitas Tarumanagara (PSUT) yang membawakan lagu-lagu kemerdekaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com