Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bersama 2 Jebolan Indonesian Idol, SMK Ini Sajikan Orkestra di Kemendikbud

Kompas.com - 18/08/2023, 13:55 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - SMK TI Muhammadiyah Cikampek sukses menyemarakkan HUT ke-78 Republik Indonesia (RI) melalui penampilan orkestra di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) pada Kamis (17/8/2023).

Penampilan orkestra itu tidak dilakukan sendiri, tapi berkolaborasi dengan Novia Bachmid dan Novia Situmeang.

Baca juga: Binus Dirikan Satu University, Biaya Kuliah Rp 6 Juta Per Semester

Di mana keduanya merupakan jebolan Indonesian Idol itu pun merupakan lulusan SMK.

Akbar Mubarok selaku guru pembimbing ekstrakurikuler MUTU Orchestra menyampaikan, siswa-siswi yang bergabung di ekstrakurikuler tersebut belajar dari nol.

"Siswa-siswi memiliki latar belakang yang berbeda-beda, ada yang dari Jurusan Teknik Mesin, Teknik Kendaraan Ringan (TKR), Multimedia, yang mana di sekolah kami pun tak ada jurusan musik. Namun, saya percaya bakat terpendam anak-anak di bidang musik bisa terasah melalui ekstrakurikuler ini," kata dia dikutip dari laman Vokasi Kemdikbud, Jumat (18/8/2023).

Dalam menampilkan pertunjukan orkestra dan berkolaborasi dengan jebolan Indonesian Idol, Akbar mengaransemen beberapa lagu kemerdekaan dan juga lagu Wonderful Indonesia.

Walaupun dalam waktu yang singkat, MUTU Orchestra dapat menyuguhkan penampilan orkestra yang menarik di hadapan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim.

Novia Bachmid selaku penyanyi juga takjub terhadap kegigihan SMK TI Muhammadiyah Cikampek untuk menampilkan penampilan terbaik di acara peringatan hari kemerdekaan.

Baca juga: 7 Sekolah Kedinasan di Yogyakarta, Mulai dari AAU hingga STPN

"SMK TI Muhammadiyah Cikampek sangat out of the box karena SMK ini bukan berasal Jurusan Musik, tapi kok bisa mereka memainkan alat musik. Saya semakin yakin dan percaya, semua orang memiliki keahliannya masing-masing di luar jurusan," tutur Novia Bachmid.

Tak hanya Novia Bachmid, Novia Situmeang juga mengaku terpukau dengan penampilan SMK TI Muhammadiyah Cikampek.

"Keren ya anak-anak SMK bukan jurusan musik tapi bisa memainkan alat musik, seperti cello, violin, angklung, dan lain-lain," ujar Novia Situmeang dengan penuh kagum.

Novia Situmeang pun mengungkapkan apresiasi kepada guru pembimbing ekstrakurikuler tersebut karena sudah mengajarkan musik dari nol kepada siswa.

Baca juga: IPB Berikan Golden Ticket untuk 15 Ketua OSIS, Berikut Namanya

Sebagai lulusan SMK Jurusan Musik, Novia Situmeang memberikan pesan kepada SMK TI Muhammadiyah agar tetap mengembangkan potensi siswa-siswi di bidang musik sehingga bisa lebih matang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com