Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satu University Milik Binus Sasar Kalangan Menengah dan Bawah

Kompas.com - 14/08/2023, 19:32 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Ketua Yayasan Bina Nusantara (Binus), Bernard Gunawan Hadipoespito mengaku, Satu University dibangun untuk masyarakat kalangan menengah dan bawah.

Meski demikian, fasilitas dan pengajaran yang diberikan tetap seperti Binus University.

Baca juga: 7 Sekolah Kedinasan di Yogyakarta, Mulai dari AAU hingga STPN

"Memang kita menjangkau lebih banyak masyarakat kalangan menengah ke bawah, tentunya dengan kualitas standar kita," kata dia di Binus Kemanggisan Kampus Anggrek, Jakarta, Senin (14/8/2023).

Dia menyebut, hadirnya Satu University maka bisa membantu negeri ini dalam meningkatkan sumber daya manusia (SDM) di lingkup global.

"Pada awalan sudah ada di Bandung dan Pontianak, nantinya akan ke Palembang. Lalu akan menyasar ke daerah yang lain," tegas dia.

Adapun harganya, sebut dia, sangat terjangkau dan berbeda sekali dengan Binus University.

"Jadi bisa dijangkau masyarakat lebih luas, dengan tentunya harga yang terjangkau, secara kualitas dijamin oleh Binus Higher Education yang di dalamnya ada Prof. Harjanto yang pernah menjabat sebagai Rektor Binus University," tutur dia.

President of Binus Higher Education, Stephen Wahyudi Santoso menjelaskan, Binus memiliki visi untuk membina dan memberdayakan masyarakat.

Untuk itu, Binus terus membuka akses, pilihan, dan kesempatan yang lebih banyak ke masyarakat luas.

Jadi, tidak hanya di kota besar saja, seperti di Jakarta dan Jawa. Namun, nantinya akan menyentuh seluruh banyak daerah di Indonesia.

Baca juga: IPB Berikan Golden Ticket untuk 15 Ketua OSIS, Berikut Namanya

"Kita ada Binus University. Ada juga Satu University yang merupakan kampus baru kita yang sudah dapat izin per 2 Mei 2023. Nanti bulan September akan mulai proses perkuliahan di Bandung dan Pontianak," tutur dia.

Lanjut Stephen mengatakan, Binus juga memiliki Binus Online Learning yang bisa diakses secara luas oleh masyarakat.

"Jadi banyak rekan-rekan masyarakat di seluruh Indonesia, karena kondisi jarak dan lainnya, agar tetap bisa mengimprove dengan mengenyam pendidikan berkualitas yang kami miliki," tegas dia.

Rektor Satu University, Win Ce menambahkan, Satu University menjadi salah satu wujud nyata dari visi Binus dan rencana strategis Binus di 2035.

Yakni, untuk dapat semakin membina dan memberdayakan serta bermanfaat lebih banyak bagi masyarakat Indonesia.

Baca juga: Ada Toilet Gender Netral di Salah Satu Sekolah Internasional, Kemendikbud Buka Suara

Kehadiran Satu University, tambah dia, akan berkontribusi memenuhi kebutuhan SDM berkualitas untuk menunjang pertumbuhan ekonomi Indonesia, khususnya dalam memajukan industri kecil/menengah dan UMKM.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com