Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Billy, Putra Papua Pertama yang Masuk Harvard hingga Jadi Lulusan Australia Berpengaruh

Kompas.com - 30/08/2023, 10:00 WIB
Carissa Juwita,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Billy Mambrasar secara resmi dinobatkan oleh Pemerintah Australia sebagai 1 dari 70 lulusan Australia yang paling berpengaruh di Indonesia dalam acara "70 Years, 70 Faces Australian Alumni in Indonesia Photo Exhibition" pada Juli 2023 lalu.

Billy mendapatkan penghargaan atas kontribusinya terhadap pembangunan Republik Indonesia melalui 28 rekomendasi kebijakan yang telah disampaikannya kepada Presiden Joko Widodo dalam kapasitas sebagai Staf Khusus Presiden Bidang Inovasi, Pendidikan dan Daerah Terluar.

Rekomendasi kebijakan program tersebut diantaranya Pelatihan Petani Milenial, Pembangunan Papua Youth Creative Hub, dan Program Manajemen Talenta Pemuda Nasional (MANTAP). Program-program tersebut terbukti memberikan dampak positif terhadap jutaan anak muda di Indonesia.

Baca juga: Anak Muda Diminta Pikir Dua Kali kalau Mau Pindah Kewarganegaraan, Ini Alasannya

 

Pada acara yang diselenggarakan oleh Australia Awards di Galeri Seni Emiria Soenasa, Taman Ismail Marzuki, Jakarta itu, foto Billy juga disandingkan dengan tokoh-tokoh penting seperti Wakil Gubernur Emil Dardak dan Wakil Menteri Alue Dohong.

Kegiatan pameran foto ini merupakan bagian dari kampanye yang berlangsung selama setahun penuh untuk merayakan 70 tahun pemerintah Australia memberikan beasiswa untuk anak-anak Indonesia. Kampanye ini sebelumnya diluncurkan oleh Duta Besar Australia untuk Republik Indonesia, Penny Williams pada 3 Maret 2023.

Putra Papua pertama yang masuk Harvard

Diketahui, Billy telah menamatkan pendidikan S2 di Australian National University dengan mengambil jurusan business administration.

Ia juga mendapatkan penghargaan sebagai Student of The Year pada tahun 2014. Billy mencatat rekor baru dengan menjadi orang Indonesia pertama yang mendapatkan penghargaan tersebut.

Baca juga: Beasiswa S2-S3 ke Singapura 2024 Tanpa Batas Usia, Uang Saku Rp 24 Juta Per Bulan

Setelah menyelesaikan pendidikannya di Australia, Billy kemudian menyelesaikan gelar magister keduanya dalam bidang Psikologi Pembangunan Manusia di Universitas Harvard dan menjadi Putra Papua pertama yang menaklukan Harvard.

Lalu, saat ini ia tengah menyelesaikan studi doktoralnya di University of Pennsylvania, Amerika Serikat.

Billy menuturkan pendidikan adalah kunci pembangunan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan menjadi kunci kemajuan bagi bangsa.

“Pada kesempatan ini, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Australia atas dukungan yang berkelanjutan bagi Indonesia melalui berbagai cara. Dalam berbagai kesempatan, saya selalu tekankan bahwa pendidikan adalah kunci pembangunan sumber daya manusia dan kunci kemajuan bangsa,” ungkap Dr (Cand.) Billy Mambrasar, ST, BSc, MBA, MSc, EdM.

Billy juga menyampaikan pesan kepada generasi muda untuk raih mimpi setinggi mungkin dan tunjukkan langkah konkrit.

Baca juga: Beasiswa S2-S3 Gates Cambridge 2024 Segera Dibuka, Tunjangan Rp 389 Juta

“Saya adalah seorang anak dari keluarga miskin di kabupaten kecil di daerah terluar Indonesia, yang memiliki mimpi yang tinggi untuk bisa meningkatkan taraf hidup keluarga dan bermanfaat bagi seluas-luasnya masyarakat karena pendidikan. Selain pendidikan formal, tentu kesiapan seseorang untuk meraih prestasi harus diimbangi dengan pendidikan non-formal dan soft skill yang diperlukan di tengah masyarakat,” ujarnya.

Billy juga menambahkan, bagi pelajar Indonesia yang berkesempatan mengenyam pendidikan di luar negeri, untuk kembali ke Indonesia dan sama-sama berkontribusi bagi pembangunan di negeri ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com