Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kiat Mudah Mahasiswa Baru Jalin Relasi dengan Senior di Kampus

Kompas.com - 25/08/2023, 14:59 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Mahasiswa baru (maba) sudah pasti bertemu dengan mahasiswa lama di kampusnya. Sosok yang mereka sebut sebagai senior ini menjadi salah satu yang memengaruhi perkuliahan maba.

Dari seniornya, ada maba yang mendapat pengaruh positif dan ada pula pengaruh sebaliknya.

Menurut Dosen Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FISH) Unesa Muhammad Danu Winata, ada beberapa catatan relasi maba dan senior di kampus yang perlu dikoreksi dan diperbaiki.

Baca juga: 6 Tips Pilih Lingkungan Pergaulan bagi Mahasiswa Baru di Kampus

Seperti, tradisi kultus senior. Dengan kata lain, masih ada senior yang ingin dikultuskan atau dihormati secara lebih oleh juniornya.

Kemudian, otoriter atau merasa memiliki power di kampus sehingga cenderung memerintah atau menyuruh.

Selain itu, senior kerap berbicara melangit dengan diksi yang sulit untuk menampakkan otoritas kesenioran dan kehebatannya.

Lalu, masih ada beberapa relasi doktrinasi senior-junior yang kontraproduktif dengan perkuliahan atau pengembangan diri maba.

"Memang tidak semua senior otoriter, ingin selalu didewakan dan plonco juniornya. Namun, di kampus masih ada yang begitu. Pun doktrinasi kontraproduktif yang mengarah ke hal-hal negatif. Itu semua harusnya ditinggalkan," ucap dia dikutip dari laman Unesa, Jumat (25/8/2023).

Demi membangun relasi baik antara maba dan mahasiswa senior, dia memiliki 5 kiat atau tips yang bisa dilakukan mahasiswa baru.

Pertama adalah respect. Jadi relasi antara junior dan senior di kampus harus saling menghormati.

"Junior menghormati senior, begitupun sebaliknya. Sebaiknya hindari relasi gaya militeristik yang kaku atau harus patuh. Yang ditunjukan dalam relasi ialah respect satu sama lain," ungkap dia.

Kedua adalah egaliter, yakni hubungan antara junior dan senior harus setara atau sama.

Prinsip ini, sebut dia, harus ditanam dan dipahami baik-baik, karena status mahasiswa sama saja, baik itu yang maba atau yang lama.

Baca juga: 10 Fakultas Teknik Terbaik di Indonesia, Ada 1 PTS

"Bedanya hanya dari segi waktu masuk kuliah saja. Senior lebih dulu masuk, sementara maba baru mengenal kehidupan kampus," jelas dia.

Ketiga adalah saling melengkapi antara mahasiswa baru dan senior.

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com