Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Jurusan Kuliah IPS yang Prospek Kerjanya Sulit Digantikan AI, Ada Jurusanmu?

Kompas.com - 24/08/2023, 08:07 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perkembangan teknologi Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan memang cukup membantu banyak pekerjaan yang dilakukan manusia.

Teknologi AI yang canggih diprediksi bisa menggantikan banyak pekerjaan manusia.

World Economics Forum (WEF) memprediksi pekerjaan seperti supir taksi, teller, dan masih banyak lainnya bisa tergantikan oleh robot.

Meski AI kini makin berkembang, setidaknya ada pekerjaan yang tidak tergantikan oleh AI. Beberapa pekerjaan ini bahkan ada kaitannya dengan jurusan kuliah dari Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).

Baca juga: Mau Jadi Mahasiswa Teknik? Cek Jurusan Teknik yang Cocok Untukmu

Misalnya, pengacara yang merupakan pekerjaan bagi lulusan Jurusan Hukum yang datang dari rumpun IPS.

Jadi, apa saja jurusan kuliah IPS yang pekerjaannya tidak akan digantikan AI sampai beberapa waktu ke depan?

Dirangkum Kompas.com, Rabu (23/8/2023), berikut rekomendasi jurusan kuliah IPS yang sulit digantikan oleh keberadaan AI.

Jurusan kuliah yang sulit digantikan AI ini punya pekerjaan yang gajinya tinggi. Sehingga prospek kariernya tetap aman di masa yang akan datang. Jurusan apa saja itu? Simak informasinya berikut ini.

10 jurusan IPS yang sulit digantikan AI

1. Jurusan Hukum

Lulusan Jurusan Hukum antara lain hakim, jaksa, pengacara, notaris dan ahli hukum. Keberadaan AI hanya bisa membantu pekerjaan mereka menelusuri atau merapikan data.

Tetapi AI tidak memiliki kemampuan untuk memahami konteks hukum, berargumen dan membuat keputusan hukum tetap saat di pengadilan.

2. Psikologi

Kecerdasan buatan bisa membantu mahasiswa Jurusan Psikologi memperdalam ilmu mereka. Tetapi saat bekerja, AI tidak bisa berhadapan langsung dengan emosi manusia. Sebab pekerjaan psikolog pun melibatkan empati dan pemahaman komplek yang susah ditiru oleh mesin termasuk AI.

Baca juga: Mau Jadi CPNS Kemenkumham? Lulusan 8 Jurusan Ini Banyak Dibutuhkan

3. Filsafat

Meski AI membantu memberikan informasi dan analisis, akan tetapi AI tidak bisa memberikan pemikiran filosofis yang komplek seperti pemikiran manusia.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com