Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alya, Alumnus ITB, Jadi Finalis Miss Universe Indonesia 2023

Kompas.com - 12/08/2023, 11:14 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber ITB

KOMPAS.com - Prestasi akademik bisa diraih di bangku kuliah. Selain itu, prestasi non-akademik juga dapat diperoleh dari luar kampus.

Namun, prestasi setelah lulus kuliah juga menjadi suatu kebanggaan bagi seseorang yang ingin mengejar prestasi terbaiknya.

Seperti salah satu alumnus Sekolah Farmasi Institut Teknologi Bandung (ITB), Alya Zahira, S.Farm. Alya menjadi finalis di ajang bergengsi Miss Universe Indonesia 2023.

Dia terpilih menjadi finalis Miss Universe Indonesia 2023 mewakili DKI Jakarta. Selain itu, Alya juga masuk ke babak 10 besar dan mengalahkan puluhan peserta lainnya serta mendapatkan penghargaan khusus sebagai Miss Inspirational.

Baca juga: Paragon Raih Penghargaan dari ITB, Ini Bentuk Kontribusinya

Ternyata, kecintaannya dalam dunia pageant sejak dulu memotivasinya untuk terus mencoba hingga akhirnya mendapatkan predikat tersebut.

Tentunya, sebagai seorang lulusan ilmu farmasi, Alya memahami betul bahwa bidang kesehatan sangat esensial dalam meningkatkan kualitas hidup.

Ia bercita-cita untuk bisa memberdayakan kesehatan yang layak di kalangan wanita-wanita Indonesia terutama dalam mengadvokasi pencegahan stunting.

Meski demikian, dia sadar bahwa kecantikan saja tidak cukup bagi seorang wanita, tetapi wanita harus memiliki aura kecantikan dari dalam.

Dalam mewujudkannya, ia berperan aktif dalam berbagai kegiatan sosial salah satunya Fempire.

Adapun Fempire adalah komunitas yang mewadahi wanita-wanita Indonesia untuk berkembang menjadi sosok pemimpin melalui pelatihan-pelatihan self improvement.

Dari program ini, ia berharap dapat memotivasi wanita-wanita lain untuk menjadi pribadi yang lebih independen dan memiliki visi karier yang cemerlang.

Baca juga: Mahasiswa ITB Inovasi Baterai Sekunder dengan Bahan Limbah TKS

Namun, pada awalnya Alya adalah sosok pemalu. Kepercayaan dirinya tumbuh seiring berjalannya waktu, saat dia bergabung dalam tim bola basket putri.

Saat itu dia dan timnya beberapa kali mendapatkan juara dari berbagai macam pertandingan bola basket putri.

"Terlibat dalam bola basket telah memberi saya banyak pelajaran hidup yang tak ternilai, hingga membentuk saya menjadi orang seperti saya hari ini," ujarnya, dilansir dari laman ITB, Jumat (11/8/2023).

Sampai pada waktunya ia tumbuh dan berhasil melewati masa-masa menantangnya selama mengejar gelar sarjana di Sekolah Farmasi ITB.

Ia juga semakin menyadari bahwa perjalanan pendidikannya selama ini mengantarkannya menjadi pribadi yang lebih adaptif dan toleran.

Sedangkan menjadi seorang Miss Universe Indonesia merupakan gerbang baru baginya untuk fokus dalam menebarkan kesadaran terkait pentingnya sosok wanita kuat di kalangan masyarakat.

Ia sangat termotivasi untuk bisa menginspirasi wanita-wanita Indonesia menjadi lebih tangguh.

Baca juga: Mahasiswa, Ini 3 Manfaat Belajar Perdagangan Internasional

Karenanya, Alya berharap bahwa pengalaman dan latar belakangnya ini bisa bermanfaat bagi masyarakat luas, terutama dalam meningkatkan kualitas kesehatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com