Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kampus Luar Negeri Ini Tambah 2 Prodi di Indonesia

Kompas.com - 05/08/2023, 06:43 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Monash University Indonesia memiliki rencana akan menambah dua program studi baru, yaitu Marketing and Digital Communication dan Sustainability.

"Sustainability merupakan program baru yang ada di Indonesia," ucap COO Monash University Indonesia Tantia Dian Permata usai acara Inaugural Master Graduation Ceremony Monash University di Fairmont Hotel, Jakarta, Jumat (4/8/2023).

Baca juga: Pendaftaran Kedokteran Unesa Masih Buka, Cek Besaran Uang Pangkalnya

Dia mengaku, Monash University berdiri di Indonesia untuk melanjutkan misi dari pemerintah Indonesia, yaitu melakukan transformasi pendidikan, agar Indonesia mencapai titik yang lebih maju.

Di Indonesia, Monash University memiliki 6 program studi (Prodi). Prodi itu disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat di Indonesia, dan pastinya sejalan dengan target dari pemerintah.

"Salah satu target Presiden Jokowi untuk melakukan digitalisasi, sehingga kami masuk dengan jurusan di bidang teknologi dan satu lagi jurusan di bidang inovasi," jelas dia.

Hadapi tantangan saat membuka kampus di masa pandemi Covid-19

Dia menegaskan, Monash University Indonesia mengalami sejumlah tantangan saat diresmikan pada Oktober 2021.

Pada saat itu, pandemi Covid-19 melanda dunia, termasuk Indonesia. Hal itu membuat perkuliahan tidak ada yang diadakan dengan tatap muka.

Bahkan, Monash University Indonesia pun harus menyesuaikan regulasi yang ada di Indonesia, karena masuk dalam kategori kampus dari luar negeri.

Baca juga: Mau Masuk Monash University? Kemampuan Ini yang Harus Dimiliki

"Ditambah lagi, Monash University Indonesia merupakan satu-satunya perguruan tinggi luar negeri yang baru ada di Indonesia," jelas dia.

Meski demikian, tantangan yang dihadapi Monash University Indonesia bisa dijalani dengan mudah.

Karena, ada kemudahan yang diberikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

"Jadi lulusan dari Monash University Indonesia tidak perlu melakukan penyetaraan ijazah, karena telah mendapatkan surat ketetapan dari Mendikbud Ristek Nadiem Makarim Nadiem Makarim. Jadi lulusan dapat surat keterangan dari kampus dan Kemendikbud," ungkap dia.

Telah luluskan 45 mahasiswa di Indonesia

President and Vice-Chancellor of Monash University Professor Margaret Gardner AC menyebut, sejak membuka pertama kali di Indonesia pada 2021, kampus ini telah meluluskan angkatan pertama sebanyak 45 mahasiswa.

"Sebagai lulusan Monash, Anda memiliki posisi yang baik untuk memberikan manfaat nyata bagi komunitas lokal dan internasional," ujar dia.

Baca juga: Presiden Jokowi Minta Penerima Beasiswa LPDP Pulang ke Indonesia

Dari total 45 mahasiswa yang di wisuda, ada 36 mahasiswa dari program S2 Business Innovation dan 9 mahasiswa dari program S2 Public Policy and Management.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com