Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanoto Foundation, BPMP dan Disdik DKI Jakarta Perkuat 4 Dimensi PAUD

Kompas.com - 24/07/2023, 17:30 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Tanoto Foundation dan Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi DKI Jakarta bersama Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta menggelar "Pelatihan Sekolah Anak Sigap menuju PAUD Berkualitas" pada 20-23 Juli 2023 di Gedung BPMP Jakarta.

Program Sigap (Siapkan Generasi Anak Berprestasi) merupakan bagian dari upaya Tanoto Foundation dalam mendukung pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia, khusunya di jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Ketua Pokja Inovasi dan Transformasi Pembelajaran pada BPMP DKI, Didang Setiawan, memberikan apresiasi kepada Tanoto Foundation atas dukungannya pada Program Merdeka Belajar dan kerja sama dengan Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta.

Didang mengatakan, “PAUD merupakan fase fondasi yang merupakan awal pendidikan agar anak mengerti akan jati dirinya, memiliki moral/akhlak mulia, serta mengenal literasi dan numerasi agar siap melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi."

"Oleh karenanya, pendidik di satuan PAUD perlu senantiasa memastikan proses pembelajaran anak PAUD menarik dan menyenangkan,” pesan Didang.

Dalam kesempatan tersebut, Syamsul Rizal, Program Manager Tanoto Foundation menyampaikan, inisiatif Sigap ingin memastikan setiap anak tumbuh sesuai tahapannya dan siap menghadapi pendidikan dasar.

"Melalui program ini, Tanoto Foundation berkomitmen untuk melakukan berbagai inovasi kegiatan dan program demi hadirnya kualitas pendidikan yang optimal di Indonesia," jelasnya.

Salah satu aspek penting dalam program Sigap, lanjut Syamsul Rizal, adalah pencegahan stunting, yang menjadi fokus utama memastikan kesehatan dan perkembangan optimal anak-anak usia dini.

"Selain itu, Sigap juga meliputi program untuk anak usia dini 0-3 tahun dan 3-6 tahun, dengan tujuan mengoptimalkan perkembangan anak pada fase-fase penting dalam masa pertumbuhan mereka," jelasnya.

Baca juga: 12 Atribut dan Aktivitas yang Dilarang Selama MPLS PAUD-SMA 2023

Kabid PAUD Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Heni Nuryani berharap, Tanoto Foundation yang telah tiga tahun mendampingi sasaran sekolah dampingan melalui program Sigap dapat berlanjut dan diperluas sasarannya pada tahun-tahun mendatang.

Heni menegaskan, PAUD berkualitas ditentukan kualitas layanan, bukan kondisi sarana dan prasarana maupun kelengkapan fasilitasnya, sehingga perlu diperhatikan elemen yang ada dalam layanan PAUD.

“PAUD berkualitas terdiri dari empat elemen layanan, yaitu kualitas proses pembelajaran, kemitraan dengan orangtua, dukungan pemenuhan layanan esensial anak usia dini, serta kepemimpinan dan pengelolaan sumber daya,” jelasnya.

Kepala BPMP DKI Jakarta, Salim Somad menjelaskan, “untuk mewujudkan pendidikan yang unggul dan berkualitas di Indonesia, khususnya DKI Jakarta, tidak terlepas dari komitmen bersama antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, maupun pihak swasta dan masyarakat.”

“Dengan semangat gotong royong, kami yakin dan optimis mampu mewujudkan Indonesia Hebat, Indonesia Emas dan mengantarkan provinsi DKI Jakarta menjadi pusat dan barometer pendidikan di Indonesia dalam melahirkan peserta didik berkualitas dan unggul yang siap bersaing di kancah nasional dan juga internasional,” lanjut Salim.

Memperkuat 4 dimensi

Acara ini juga menjadi momen penting dalam menghadapi tantangan pendidikan inklusif di DKI Jakarta, terutama terkait kuota dua persen untuk menerima anak berkebutuhan khusus di semua satuan pendidikan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com