Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

39 Tahun Berdiri, Akhirnya Polinela Punya 1 Guru Besar

Kompas.com - 20/07/2023, 19:45 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Direktur Politeknik Negeri Lampung (Polinela), Sarono mencatat sejarah sebagai guru besar pertama Polinela.

Selain mencetak sejarah baru bagi Polinela, capaian tersebut sekaligus menjadi kekuatan tambahan bagi sumber daya manusia (SDM) Polinela dalam memberikan layanan pendidikan vokasi yang berkualitas yang telah teruji keilmuannya.

Baca juga: Kisah Indah, Anak Buruh Diterima di UGM dengan Beasiswa 100 Persen

Pengukuhan Prof. Sarono sebagai guru besar dilakukan pada Sidang Senat Terbuka di Gedung Serba Guna, Kampus Polinela, pada Kamis (13/7/2023).

Prof. Sarono dikukuhkan sebagai Guru Besar bidang Ilmu Teknologi Pangan dan Gizi Jurusan Teknologi Pertanian sekaligus guru besar pertama setelah 39 tahun Polinela berdiri.

Wakil Direktur I Polinela Bidang Akademik, Dwi Puji Hartono mengucapkan selamat atas pengukuhan Prof. Sarono jadi guru besar.

Dia berharap pengukuhan tersebut menjadi awal bagi lahirnya guru besar-guru besar baru sebagai kekuatan keilmuan dan kepakaran di Polinela.

"Semoga pengukuhan Prof. Sarono ini dapat menginspirasi dan memotivasi kita semua untuk menjadi guru besar selanjutnya," ucap dia mengutip laman Polinela, Kamis (20/7/2023).

Dwi menambahkan, capaian gelar guru besar tersebut bukan semata-mata menjadi pencapaian pribadi Prof. Surono semata, melainkan menjadi capaian dari institusi Polinela.

"Hal ini menjadi penting dan membanggakan karena dengan capaian ini Politeknik Negeri Lampung berarti memiliki tambahan sumber daya manusia yang telah teruji keilmuannya," jelas Dwi.

Baca juga: 7 Kampus Akreditasi Unggul di Yogyakarta, Ada UGM, UII, dan UMY

Lanjut Dwi mengatakan, capaian guru besar tersebut juga akan semakin menguatkan posisi Politeknik Negeri Lampung di masyarakat.

"Sebab, jabatan guru besar menunjukkan pengakuan kompetensi di bidang akademik. Harapannya, dengan adanya guru besar ini mampu mendorong mimpi bersama yang kita rancang untuk menghasilkan generasi masa depan," ungkap dia.

Pengukuhan tersebut selain dihadiri oleh sivitas academika Polinela, turut hadir juga sejumlah tamu undangan lainnya, di antaranya Rektor Universitas Lampung (Unila), Prof. Lusmeilia Afriani, Rektor Institut Teknologi Sumatera, Prof. I Nyoman Pugeg Aryantha, dan Rektor IIB Darmajaya, Firmansyah Y.A.

Prof. Sarono merupakan Direktur Polinela sejak 2017. Alumnus Unila ini mengemban amanat sebagai dosen Polinela sejak 1992.

Baca juga: Rapor Pendidikan 2022-2023, Nadiem: 24,4 Persen Siswa Alami Bullying

Kariernya di Polinela dimulai sebagai Ketua Laboratorium Teknologi Hasil Pangan atau THP Polinela, Ketua Divisi Pengabdian Kepada Masyarakat, Ketua Divisi Informasi Bisnis & Jasa Ketenagakerjaan, Ketua Jurusan Teknologi Pertanian, hingga akhirnya menjabat sebagai Direktur Polinela.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com