Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

USU Sediakan 2.137 Kursi pada Seleksi Mandiri 2023

Kompas.com - 17/07/2023, 10:29 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Pada Seleksi Mahasiswa Mandiri (SMM) 2023, Universitas Sumatera Utara (USU) menggelar Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) hari pertama, Sabtu (15/7/2023).

Adapun UTBK ini diikuti sebanyak 6.314 calon mahasiswa. Nantinya, peserta tersebut bakal bersaing untuk mengisi 40 persen daya tampung jalur SMM USU atau sekitar 2.137 kursi.

Pada pelaksanaan UTBK hari pertama itu, Rektor USU, Prof. Dr. Muryanto Amin, S.Sos., M.Si., didampingi para Wakil Rektor, Sekretaris Universitas dan panitia UTBK SMM meninjau langsung pelaksanaan ujian di tiga lokasi.

Lokasinya berada di Fakultas Pertanian, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis USU.

Baca juga: Kisah Rica: Dari Mahasiswi USU, Jadi Dosen hingga Kuliah S3 di UCL

Lokasi yang digunakan untuk pelaksanaan UTBK SMM berada di 13 fakultas yang ada di lingkungan USU. Rektor berharap, UTBK dapat berlangsung dengan baik dan lancar hingga hari terakhir.

Dijelaskan, jumlah pendaftar untuk jalur SMM USU 2023 menurun jika dibandingkan pada tahun sebelumnya. Hal tersebut disebabkan pada tahun ini USU sudah tidak membuka lagi jalur D3 mandiri.

"Kalau dulu jumlah pendaftar SMM sampai 8 ribuan lebih. Saat ini D3 kan sudah masuk ke dalam SNBP dan SNBT, jadi tentu berpengaruh terhadap jumlah pendaftar di jalur SMM," ujar Prof. Muryanto Amin dikutip dari laman USU.

Ia mengatakan, jalur SMM ini kesempatan terakhir yang diberikan oleh USU untuk lulusan SMA/SMK yang belum berhasil lulus di jalur SNBP dan SNBT sebelumnya.

Tentunya ia berharap yang kemarin belum berhasil, maka bisa masuk USU melalui jalur ini. "Semoga seleksi ini juga bisa menjaring mahasiswa yang memiliki potensi meraih prestasi untuk USU," tutur Rektor.

Adapun Jalur SMM USU 2023 ini dibuka untuk 49 program studi yang ada di Universitas Sumatera Utara.

Dengan jumlah peminat tertinggi sebanyak 1.380 peserta untuk Prodi Ilmu Hukum, 1.257 peserta untuk Prodi Pendidikan Dokter dan 885 untuk Prodi Manajemen.

Sedangkan pelaksanaan UTBK diselenggarakan dalam tiga sesi terpisah, yakni sesi 1 yang dimulai pada pukul 06.30 WIB, sesi 2 dimulai pukul 10.15 WIB dan sesi 3 dimulai pukul 14.15 WIB.

Untuk materi yang diberikan dalam soal UTBK terdiri atas Ujian Potensi Skolastik, Tes Literasi Bahasa Indonesia, Literasi Bahasa Inggris dan Penalaran Matematika. Hasil seleksi UTBK SMM USU akan diumumkan pada 27 Juli 2023 mendatang.

Tentunya, pada pelaksanaan UTBK jalur seleksi mandiri ini Rektor USU berharap semuanya dapat berjalan dengan lancar, tertib dan aman.

Baca juga: USU Masih Buka Jalur Mandiri 2023, Cek Biaya Kuliahnya

Sebab, pihaknya telah melakukan banyak perbaikan dalam sistem keamanan ujian. Seperti dengan memperketat sistem keamanannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com