Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paduan Suara TRCC Raih Juara Umum Kompetisi di Italia

Kompas.com - 16/07/2023, 13:15 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - The Resonanz Children’s Choir (TRCC) kembali mengharumkan nama Indonesia dengan meraih juara umum di kompetisi paduan suara Leonardo Da Vinci International Choral Festival di Firenze, Italia, Jumat (14/7/2023).

The Resonanz Children’s Choir merupakan satu-satunya paduan suara anak-anak dari Indonesia yang mengikuti kompetisi ini.

Selain menjadi juara umum (Grand Prix), TRCC juga meraih juara kategori D (Children's Choir) dengan nilai 94,3 dan juara kategori G (Popular, Folk, Gospel, Barbershop, Jazz, and Modern Ensemble) dengan nilai 95,5.

TRCC juga mendapatkan penghargaan sebagai paduan suara dengan koreografi terbaik.

Baca juga: Cara Daftar Jalur Mandiri UIN Ar Raniry 2023, Buka hingga 19 Juli

Paduan suara TRCC raih juara umum di Italia

Kelompok yang berkekuatan 51 penyanyi berusia 8 hingga 16 tahun tersebut dilatih oleh tim pelatih sekaligus konduktor yang terdiri Luciana Dharmadi Oendoen, Rainier Revireino dan David Hartono Chendra, dengan arahan dari direktur artistik, Avip Priatna.

Kompetisi paduan suara internasional Leonardo da Vinci International Choral Festival merupakan kompetisi paduan suara tahunan di kota Firenze, Italia dan tahun ini masuk edisi kelima.

Pada kompetisi tersebut, TRCC mengikuti dua kategori, yaitu kategori D - Children's Choir, dan kategori G - Popular, Folk, Gospel, Barbershop, Jazz and Modern Ensembles.

Pada kategori D (Children's choir), TRCC tampil memukau para hadirin dengan tiga lagu pilihan bebas terikat yaitu: Mejikuhibiniu, sebuah lagu yang diciptakan khusus untuk koor anak-anak, karya komposer Indonesia Fero Aldiansya Stefanus.

Lagu Der Psalm 23 karya komposer Austria Franz Schubert, dan lagu Ihauteri Habanerak karya komposer Spanyol David Azurza. Pada kategori ini, TRCC dipimpin oleh konduktor Luciana Dharmadi Oendoen.

Sementara pada kategori G (Popular, Folk, Gospel, Barbershop, Jazz, and Modern Ensemble) TRCC menampilkan lagu Guapparia, sebuah lagu karya Libero Bovio yang dipopulerkan oleh penyanyi Italia Mario Merola.

Baca juga: Hal yang Dilarang Saat Pelaksanaan MPLS 2023

Lagu tersebut diaransemen secara khusus untuk TRCC oleh Vatara A. Silalahi. Selain lagu tersebut, TRCC membawakan lagu Steal Away, sebuah lagu berjenis Afro-American Spiritual yang di arransemen untuk paduan suara sejenis oleh komposer Amerika Gwyneth Walker.

Lagu tersebut merupakan salah satu dari beberapa lagu yang diiringi dengan piano oleh pianis Daniel Adipradhana.

Di kategori ini juga, TRCC menampilkan lagu tradisional Indonesia yang berasal dari Minang berjudul Tak Tong Tong yang di arransemen oleh Fero Aldiansya Stefanus.

Menurut Direktur Artistik TRCC, Avip Priatna pencapaian TRCC kali ini adalah sesuatu yang sangat istimewa, mengingat tim TRCC yang kali ini berlomba adalah para anggota yang relatif baru. Karena merupakan angkatan yang ketika awal latihan mengalami dampak pandemi Covid-19.

Sehingga latihan lebih banyak dilakukan secara online, saling berkirim video dan tidak bisa mengenal teman sesama timnya secara lebih akrab karena tidak dapat bertemu langsung.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com