Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Persiapan Ikuti MPLS 2023 di Sekolah, Siswa Baru Cek

Kompas.com - 14/07/2023, 10:15 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pekan depan atau tanggal 17 Juli siswa di sejumlah provinsi akan mengikuti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) 2023.

MPLS 2023 ini merupakan kegiatan yang perlu diikuti siswa sebelum mengikuti pembelajaran bersama teman-teman dan guru.

Tentu kamu ada yang merasa khawatir atau malu mengikuti MPLS 2023 karena harus berkenalan dengan orang-orang baru dan beradaptasi dengan lingkungan sekolah baru.

Sebagai informasi, kegiatan MPLS diatur melalui peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) nomor 18 tahun 2016 yang berisi siswa baru dilindungi dari kegiatan-kegiatan yang mengarah pada tindak kekerasan perpeloncoan atau perlakuan-perlakuan tidak wajar.

Baca juga: Aturan MPLS 2023 SMP di Kota Bogor: Tidak Boleh Libatkan Kakak Kelas

Persiapan ikuti MPLS 2023

Selain itu siswa baru punya jaminan melewat MPLS dengan kegiatan-kegiatan yang bersifat edukatif, kreatif dan menyenangkan.

Melansir laman sekolah Dwiwarna Bogor, Jumat (14/7/2023) ada beberapa cara untuk mempersiapkan diri mengikuti MPLS 2023 yang bisa diterapkan siswa.

Apa saja cara itu? Simak informasinya sampai selesai:

1. Cari teman sesama siswa baru di sekolah yang sama agar bisa bertukar informasi dan saling mengenal sebelumnya.

Bagi siswa SMP maupun SMA sudah relatif besar untuk memulai percakapan dengan teman baru yang ditemui saat MPLS 2023.

Kamu bisa menyapa terlebih dahulu dan memperkenalkan diri dengan teman sekelasmu. Jika sudah berkenalan dengan semua teman sekelas tentu akan lebih nyaman mengikuti pembelajaran bersama.

2. Mempersiapkan semua peralatan dan perlengkapan yang harus dibawa untuk kegiatan MPLS.

Peralatan yang dimaksud misalnya alat tulis, seragam sekolah, buku catatan dan sebagainya.

Baca juga: Contoh Kegiatan MPLS 2023 SMA yang Inspiratif dan Edukatif

3. Bawa bekal makan dan minum. Dengan membawa bekal makanan dan minuman sendiri, kamu akan lebih nyaman jika tiba-tiba merasa haus saat mengikuti kegiatan MPLS 2023.

4. Tidur tepat waktu agar mengantuk saat jam diadakannya kegiatan MPLS. Hal ini agar esok hari bisa bangun pagi dan bersiap diri mengikuti MPLS 2023 di sekolah baru.

5. Melihat kembali jadwal kegiatan MPLS dan buat checklist untuk apa yang harus dilakukan. Dengan melihat jadwal, kamu tahu kegiatan apa saja yang akan diikuti selama MPLS.

Melalui kegiatan MPLS 2023 yang diadakan oleh sekolah untuk mengenalkan lingkungan sekolah pada siswa baru kamu bisa lebih mempersiapkan diri lebih baik untuk mengikuti semua kegiatan belajar mengajar.

Baca juga: Apa Itu MPLS, Tujuan dan Manfaatnya? Siswa Baru Perlu Tahu

Demikian informasi mengenai persiapan MPLS 2023 yang bisa dicoba siswa baru. Selamat mengikuti MPLS 2023 dan berkenalan dengan teman dan guru-guru baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com