Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unjani Masih Buka 2 Jalur Pendaftaran Mahasiswa Baru, Cek Syaratnya

Kompas.com - 12/07/2023, 20:00 WIB
Mahar Prastiwi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Calon mahasiswa yang berdomisili di provinsi Jawa Barat (Jabar) bisa menjadikan perguruan tinggi swasta (PTS) sebagai salah satu alternatif untuk melanjutkan pendidikan.

Salah satu PTS di Jawa Barat adalah Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani). Hingga minggu kedua Juli 2023 ini masih ada jalur penerimaan mahasiswa baru yang dibuka Unjani.

Baca juga: Biaya Kuliah Binus University Bekasi 2023/2024

PMB Unjani 2023: syarat dan cara daftar

Melansir laman resmi PMB Unjani, Rabu (12/7/2023) berikut informasi yang dibutuhkan mengenai PMB Unjani 2023. Mulai dari syarat, cara daftar dan jadwalnya.

Pada bulan Juli ini, ada PMB periode Agustus yang dibuka hingga 10 Agustus 2023 mendatang. Selanjutnya ada PMB periode September yang dibuka mulai 11 Agustus hingga 8 September 2023.

Jalur yang dibuka PMB periode Agustus dan September di Unjani antara lain USM, Rapor, Prestasi, UTBK, Apoteker, Bakti Negeri, Lanjutan dan Magister.

Baca juga: Biaya Kuliah Itenas 2023 untuk 14 Program Studi

Ketentuan umum PMB Unjani 2023:

a. Lulusan SMA/SMK/MA/MK atau Sederajat.

b. Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Gigi hanya menerima pendaftar dari SMA/MA program IPA, maksimal umur 22, tahun kelulusan dibatasi yaitu lulusan tahun 2021, tahun 2022 dan tahun 2023 (siswa kelas XII tahun ajaran 2022/2023).

c. Fakultas Teknik (FT) dan Fakultas Teknologi Manufaktur (FTM) menerima pendaftar dari SMA/MA program IPA dan SMK yang sesuai, Untuk program IPS bisa mendaftar melalui jalur Ujian Saringan Masuk (USM) kecuali Program Studi Teknik Industri untuk Lulusan IPS bisa mengikuti semua jalur.

d. Fakultas Sains dan Informatika (FSI) menerima pendaftar dari SMA/MA program IPA, SMK yang sesuai, dan IPS.

e. Fakultas Farmasi menerima pendaftar dari SMA/MA program IPA dan SMK yang sesuai.

Baca juga: Mau Kuliah Telkom University Pakai KIP Kuliah 2023? Ini Cara Daftarnya

f. Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) & Fakultas Psikologi menerima pendaftar dari SMA/MA dan SMK semua program.

g. Fakultas Ilmu dan Teknologi Kesehatan (FITKes) menerima Lulusan SMA/MA jurusan IPA sederajat. Khusus Prodi Kesehatan Masyarakat S-1, Prodi Kebidanan D-3, Teknologi Laboratorium Medis (TLM) D3 - D4 dan Keperawatan D-3 menerima lulusan SMA/MA IPA, IPS, Bahasa serta SMK Jurusan Kesehatan. Prodi Kesehatan Masyarakat S-1 juga menerima lulusan SMK Non-Kesehatan.

h. Prodi Kebidanan (D-3), Prodi Kebidanan (S-1), Prodi Keperawatan (D-3), Prodi Ilmu Keperawatan (S-1) dan Profesi Ners tinggi badan minimal laki-laki 155 cm, perempuan 150 cm.

i. Prodi Kebidanan (S-1) hanya menerima lulusan SMA/MA program IPA.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com