Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Talkshow Kedokteran Unair: Tips Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

Kompas.com - 11/07/2023, 15:45 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ada tips yang bisa diterapkan untuk melindungi kulit kita dari bahaya sinar matahari.

Paparan sinar matahari langsung bisa memicu kerusakan kulit bahkan kanker kulit. Tips ini disampaikan Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Airlangga (Unair) dalam talkshow yang disiarkan di channel Youtube Dokter Unair TV.

Sebagai narasumber, dr Novita Damayanti selaku Direktur dan Dermatologist Profira Clinic mengatakan, sinar matahari memiliki beberapa sinar yang berpengaruh pada kulit manusia.

Misalnya sinar UVA, UVB, UVC, visible light dan infra red. Sinar-sinar tersebut memberikan efek seperti kemerahan, rasa terbakar, kering dan lain sebagainya.

"Pengaruh dari sinar matahari pada kulit menimbulkan beberapa efek yang bisa kita rasakan. Seperti kemerahan, kulit terasa ketarik, jerawat meradang dan sebagainya," papar dr Novita seperti dikutip dari laman Unair, Selasa (11/7/2023).

Baca juga: 20 PTS Terbaik di Indonesia 2023 Versi Webometrics

Tips melindungi kulit dari sinar matahari

Menurutnya, masyarakat yang sering beraktivitas di luar ruangan perlu melakukan perlindungan pada kulit terhadap sinar matahari.

Berikut cara melindungi kulit yang bisa dilakukan saat beraktivitas di luar ruangan:

1. Gunakan Sunblock dan Sunscreen

Sebelum beraktivitas di luar ruangan, perlu memperhatikan UV indeks. UV indeks itu berguna untuk mengetahui seberapa besar radiasi sinar matahari terhadap kulit.

Pada jam tertentu UV indeks akan meningkat, misalnya mulai jam 09.00 pagi hingga siang hari.

Sehingga, perlu adanya proteksi untuk melindungi kulit dari paparan UV yang tinggi dengan cara menggunakan sunblock atau sunscreen. Penggunaan sunblock dan sunscreen juga perlu memperhatikan jenis kulit.

Sebelum menggunakan, perlu tahu tipe kulit. Kapan menggunakan jenis A, Jenis B maupun jenis lain.

"Hal ini penting karena sunblock berfungsi untuk melindungi kulit. Jadi kita perlu sunblock yang broad spectrum," tandas dr Novita.

Pemakaian sunblock dan sunscreen harus 15 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan. Penggunaan sunblock dilakukan pada area yang jelas terpapar sinar matahari.

Misalnya wajah, tangan, leher, bagian belakang leher hingga kaki. Jumlah sunblock yang digunakan minimal sebanyak 3 jari.

"Menurut penelitian oleh American Journal of Dermatology penggunaan sunscreen minimal 3 jari," imbuhnya.

Baca juga: Tips Dampingi Anak Masuk TK agar Cepat Beradaptasi

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com