Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kerek Kualitas SDM, Perpusnas Gandeng Kemendikbud dan Setkab

Kompas.com - 08/07/2023, 06:42 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) menjalin kerja sama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Ristek, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) dan Sekretariat Kabinet Republik Indonesia (Setkab).

Kerja sama ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerja sama di antara kedua belah pihak.

Baca juga: Teliti Manfaat Jahe, Shirly Raih Gelar S3 di UI dengan IPK 3,99

Kepala Perpusnas, Muhammad Syarif Bando menyampaikan, kerja sama ini merupakan upaya bersama dalam mengimplementasikan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Presiden dan Wakil Presiden untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM).

Menurutnya, masalah rendahnya budaya baca di Indonesia bukan disebabkan oleh kurangnya minat baca, tetapi kurangnya bahan bacaan.

"Faktanya bahwa perpustakaan keliling selalu dipadati oleh anak-anak. Ini menandakan mereka merindukan lebih banyak buku bacaan," kata dia dalam keterangannya, Jumat (7/7/2023).

Kepala Perpusnas menekankan pentingnya membaca sebagai alat peraga dalam proses pendidikan. Menurutnya, seorang individu tidak dapat menjadi pintar tanpa belajar dan membaca.

"Oleh karenanya, penting untuk mengimplementasikan apa yang dibaca," lanjutnya.

Dia mengaku, pihaknya telah melakukan digitalisasi atas lebih dari 1,3 juta koleksi perpustakaan.

Dia menyatakan Perpusnas membutuhkan dukungan dari Kemendikbud Ristek untuk memastikan peran perpustakaan sebagai jantung pendidikan.

"Dibutuhkan edaran resmi dari menteri kepada civitas akademika maupun satuan pendidikan agar mereka dapat memanfaatkan layanan digital Perpusnas. Sehingga mereka dapat mengaksesnya secara digital di mana pun, selama terhubung ke internet," jelasnya.

Sekretaris Jenderal Kemendikbud Ristek Suharti menyampaikan apresiasinya terhadap perubahan luar biasa yang telah terjadi di perpustakaan.

"Saya berharap Perpusnas dapat terus meningkatkan layanan yang lebih baik untuk menjadikan masyarakat Indonesia sebagai pembelajar, di mana membaca menjadi syarat mutlak untuk menciptakan Indonesia yang maju," jelas dia.

Baca juga: 4 Jurusan Kuliah Ini Punya Peluang Kerja Tinggi di Luar Negeri

Dia mengatakan Kemendikbud Ristek memiliki tugas besar dalam pengembangan perpustakaan, tidak hanya perpustakaan yang ada di kementerian maupun UPT di daerah, tetapi juga satuan pendidikan mulai dari PAUD, SD, SMP, SMA bahkan perguruan tinggi negeri dan swasta.

"Semua institusi ini memiliki peran besar dalam memastikan tercapainya tujuan pendidikan yang berkualitas," katanya.

Sekjen Suharti menjelaskan rendahnya kompetensi literasi dan numerasi di Indonesia perlu diatasi.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com