Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teliti Manfaat Jahe, Shirly Raih Gelar S3 di UI dengan IPK 3,99

Kompas.com - 06/07/2023, 11:00 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Selama ini, jahe dikenal sebagai tanaman obat yang memiliki keunggulan sebagai antioksidan, antiinflamasi, antiobesitas, antidiabetes, antimikroba, antikanker, neuroproteksi, proteksi kardiovaskuler, dan proteksi terhadap gangguan saluran napas.

Melihat manfaat ini, mahasiswa Program Doktor Ilmu Biomedik Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), dr. Shirly Gunawan, mengembangkan penelitian mengenai efek kandungan senyawa pada jahe sebagai bahan alam dalam pengobatan Sindrom Metabolik (MetS).

Baca juga: 6 Tips Kuliahkan Anak bagi Orangtua Gaji di Bawah Rp 5 Juta

MetS merupakan sekumpulan gangguan metabolik yang berkaitan erat dengan peningkatan risiko penyakit jantung dan diabetes melitus tipe 2 (DMT2).

Seseorang dikatakan menderita MetS apabila mengalami sedikitnya tiga dari lima kondisi, yaitu tekanan darah tinggi (hipertensi), abnormalitas kadar lemak dalam darah (dislipidemia), kadar trigliserida tinggi (hipertrigliseridemia), kadar gula darah tinggi (hiperglikemia), dan obesitas dengan penumpukan lemak di perut.

Menurut dr. Shirly, prevalensi MetS secara global kian meningkat.

Berdasarkan data dari National Health and Nutrition Examination Survey (NHANES), dari 35 persen populasi dewasa di Amerika Serikat, sebanyak 50–60 persen mengalami MetS.

Di Cina, MetS dialami oleh sekitar 58,1 persen dari populasi berusia >60 tahun. Sementara di Indonesia, prevalensi MetS mencapai angka 23 persen.

Sayangnya, tingginya angka prevalensi MetS tidak diimbangi dengan pengobatan yang adekuat.

Hingga saat ini, kata dia, belum ada obat tunggal untuk mengatasi MetS.

Pada umumnya, pasien dengan MetS mendapat pengobatan yang bersifat polifarmasi (penggunaan beberapa obat secara bersamaan) sehingga memengaruhi kepatuhan (compliance) pasien dalam berobat.

"Hal inilah yang kemudian mendorong kami untuk menganalisis efek modulasi salah satu senyawa aktif yang terkandung dalam jahe, yaitu 6-gingerol, terhadap MetS dengan fokus pada jalur endoplasmic reticulum stress atau ER stress," ujar dr. Shirly dalam sidang promosi doktornya, seperti mengutip laman UI, Kamis (6/7/2023).

dr. Shirly menilai jalur ER stress berperan penting terhadap terjadinya MetS. ER stress adalah kondisi akumulasi unfolded atau misfolded protein pada lumen retikulum endoplasma (RE).

Kondisi ini akan mengaktivasi jalur sinyal Unfolded Protein Response (UPR) dengan target utama pada organ hati, jaringan lemak, usus, dan otot rangka.

UPR mampu meredakan ER stress, menjaga keseimbangan RE, serta meningkatkan kemampuan adaptasi dan daya tahan sel. Apabila sel dapat menghadapi ER stress, ia akan bertahan hidup.

Sebaliknya, jika sel tidak mampu mengatasi ER stress, akan terjadi disfungsi dan kematian sel, sehingga terjadi kelainan metabolik, seperti DMT2, dislipidemia, dan obesitas.

Baca juga: 4 Jurusan Kuliah Ini Punya Peluang Kerja Tinggi di Luar Negeri

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com