Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Jurusan Jalur Mandiri 2023 yang Punya Prospek Kerja Tinggi

Kompas.com - 12/06/2023, 11:05 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Masih ada kesempatan memilih jurusan kuliah di jalur mandiri 2023 pada beberapa perguruan tinggi negeri maupun swasta. 

Jika kamu hendak mendaftar jalur mandiri, sebaiknya juga melihat dulu apakah jurusan yang dipilih punya prospek kerja yang tinggi. Sebab jurusan kuliah juga berpengaruh terhadap pekerjaan setelah lulus

Ada banyak jurusan kuliah jenjang S1 yang punya banyak prospek kerja.

Bahkan, satu jurusan bisa punya banyak jenis pekerjaan yang bisa kamu pertimbangkan. 

Baca juga: 8 PTN Buka Jalur Mandiri 2023 Tanpa Tes: Unpad, ITS, UNS hingga Unnes

Jadi, mumpung masih ada waktu mendaftar perguruan tinggi cobalah mencari tahu 9 jurusan yang punya prospek kerja tinggi. 

Berikut informasi mana saja jurusan dengan prospek kerja tinggi, dilansir dari laman Universitas Dharma Andalas. 

9 jurusan jalur mandiri yang punya prospek kerja tinggi

1. Sistem Informasi

Jurusan dengan prospek kerja yang menjanjikan pertama adalah jurusan sistem informasi. Mahasiswa jurusan ini akan belajar tentang keahlian dalam bidang teknologi informasi.

Mahasiswa juga akan belajar pemrograman sampai pembuatan aplikasi. Tidak heran peluang kerja jurusan sistem informasi sangat dibutuhkan dalam dunia kerja.

Apalagi zaman semakin maju, maka kebutuhan sumber daya manusia dalam bidang teknologi juga semakin banyak.

Prospek kerjanya mulai menjadi business analyst, technopreneur, teknisi IT, data analyst, programmer, hingga web developer. Pekerjaan ini tentunya sangat diperlukan pada perusahaan besar.

2. Jurusan Teknik Mesin

Jurusan lain yang memiliki banyak peluang kerjanya adalah teknik mesin. Seorang yang ahli dalam teknik mesin akan sangat berguna dalam berbagai objek teknologi. Jurusan ini mengajarkan tentang pembuatan juga pengoperasian robot.

Bagi kamu yang ingin masuk jurusan ini, harus mau belajar tentang sains, yakni, fisika, matematika, hingga kimia. Karena ilmu inilah yang bisa dijadikan kunci dalam merawat hingga memperbarui mesin.

Lulusan jurusan teknik mesin dapat bekerja pada banyak perusahaan. Seperti perusahaan pertambangan, konstruksi, komunikasi, pertanian sampai perusahaan pengembangan transportasi.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com