Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Anugerah Merdeka Belajar, Kompas.com Raih Kategori Media Daring Terpuji

Kompas.com - 29/05/2023, 23:14 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) menyelenggarakan Anugerah Merdeka Belajar di Gedung Kesenian Trimurti, Kompleks Candi Prambanan, Yogyakarta, Senin (29/5/2023).

Acara tersebut sebagai rangkaian peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2023.

Sehari sebelumnya diadakan Karnaval Merdeka Belajar yang dimulai dari Benteng Vredeburg hingga titik nol km Yogyakarta, Minggu (28/5/2023) malam.

Pada Anugerah Merdeka Belajar tersebut, Kemendikbud Ristek memberikan penghargaan kepada pemangku kepentingan yang sudah berkontribusi dalam pembangunan pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi.

Baca juga: Ini Daftar Kampus yang Terima Penghargaan Penyelenggara MBKM dari Kemendikbud

Dalam laporannya, Sekretaris Jenderal Kemendikbud Ristek, Suharti menjelaskan, setiap penerima anugerah dan pemenang lomba telah melalui proses kurasi dengan indikator yang jelas dan ketat.

Adapun rincian para penerima penghargaan tersebut ialah:

  • 76 penerima anugerah Pemda
  • 57 penerima anugerah Kampus Merdeka
  • 33 penerima anugerah Mitra
  • 19 penerima anugerah sosok inspiratif
  • 10 penerima anugerah Media Daring dan Cetak
  • 16 pemenang lomba foto
  • 10 pemenang lomba artikel dan karya jurnalistik

Pada kesempatan tersebut, Kompas.com juga menjadi salah satu penerima anugerah media daring dan cetak untuk kategori Media Daring Terpuji bersama 4 media daring lainnya.

Sebagai Malam Puncak Hardiknas 2023 juga masih diadakan di Komplek Candi Prambanan, Yogyakarta yakni di Panggung Ramayana masih di hari yang sama.

Mendikbud Ristek Nadiem Makarim seusai kegiatan Anugerah Merdeka Belajar di Gedung Kesenian Trimurti, Kompleks Candi Prambanan, Yogyakarta, Senin (29/5/2023).KOMPAS.com/Albertus Adit Mendikbud Ristek Nadiem Makarim seusai kegiatan Anugerah Merdeka Belajar di Gedung Kesenian Trimurti, Kompleks Candi Prambanan, Yogyakarta, Senin (29/5/2023).

Adapun acara tersebut dimeriahkan oleh berbagai kesenian dan budaya Indonesia dengan menghadirkan para talenta-talenta. Diantaranya O-Star Dance Management, Abraham Kevin, Olivia Nelbra, dan Paduan Suara Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Sedangkan di acara malam puncak peringatan Hardiknas 2023 dikemas dalam operet yang diperankan para peserta didik bertalenta.

Operet yang menceritakan keceriaan peserta didik dan semangatnya para pendidik dalam menyelenggarakan proses belajar mengajar di sekolah yang menerapkan 24 terobosan kebijakan Kemendikbud Ristek "Merdeka Belajar".

Menurut Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek), Nadiem Makarim, kemeriahan peringatan Hardiknas 2023 ini merupakan bukti atas capaian pemerintah.

Baca juga: 24 Episode Merdeka Belajar, Tersaji Apik dalam Karnaval di Titik Nol Km Jogja

Tentunya dalam membawa perubahan yang mendorong transformasi dan kemajuan pendidikan melalui gerakan Merdeka Belajar.

"Berkat semangat gotong royong yang telah mendarah daging dalam tubuh kita sebagai manusia Indonesia, banyak sekali capaian yang berhasil kita capai dalam waktu cukup singkat," terang Nadiem Makarim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com