Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dubes Jepang Lakukan Kunjungan Kerja ke Tarakanita 4 Rawamangun Jakarta

Kompas.com - 15/05/2023, 17:41 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji mengadakan kunjungan kerja di SMP Tarakanita 4, Rawamangun Jakarta Timur, pada Kamis, 11 Mei 2023. Kunjungan dalam rangka mengetahui praktik model kerja sama Yayasan Tarakanita dan Suruga Gakuen Academy Jepang.

Dalam konsep kerjasama ini, SMP Tarakanita 4 menjadi offshore school dari Himeji International School (HIS), Hyogo, Jepang.

Model kerja sama SMP Tarakanita 4 Jakarta dan Himeji International School Japan telah dimulai pada tahun 2022 yang menghubungkan sistem pendidikan menengah pertama (SMP) di Indonesia dengan pendidikan menengah atas (SMA) di Jepang, yang disebut Offshore School.

Kolaborasi ini bertujuan mempersiapkan peserta didik menjadi pemimpin masa depan, melalui kurikulum dalam pembelajaran yang mengutamakan keunggulan akademik, kesiapan berkolaborasi dengan masyarakat dunia, serta kesadaran terhadap isu-isu global.

Inovasi pendidikan ini sekaligus memberikan kesempatan kepada siswa SMP Tarakanita 4 untuk melanjutkan pendidikan SMA di Himeji International School, Hyogo, Jepang, melalui berbagai jalur yaitu beasiswa penuh, beasiswa terbatas, dan jalur pembiayaan mandiri.

Setelah menyelesaikan Pendidikan di Himeji International School, para lulusan juga didukung untuk melanjutkan studi di berbagai uniersitas terkemuka di Jepang.

Program ini juga memungkinkan pertukaran guru antara kedua sekolah, dan kegiatan pendukung lain seperti pertukaran pelajar (homestay program), kelas kolaborasi, serta native speaker Bahasa Jepang yang didatangkan dari Himeji International School secara berkala.

Kedua institusi juga merencanakan pembangunan laboratorium budaya Jepang disekolah dalam bentuk ruang tatami untuk seremoni minum teh khas Jepang maupun aktivitas pengenalan budaya Jepang.

Baca juga: 4 Jenis Beasiswa MEXT Scholarship 2023, Kuliah S1-S3 Gratis di Jepang

Turut hadir dalam pertemuan ini jajaran pengurus Yayasan Tarakanita yang dipimpin Sr. Marie Yose, CB, selaku Ketua, Sr. Brigitta, CB (Sekretaris Eksekutif), Rm. Y. Edyanto, MSF (Pastor Kepala Paroki gereja Rawamangun), dan Aurelius Arya Saputra (Hubungan Internasional).

Selain itu, turut hadir juga Ambrosius Sigit Kristianto dari Divisi Pendidikan, Christina Martini selaku Kepala SMP Tarakanita 4 Jakarta, dan Bernardus Boli sebagai wakil Kepala sekolah.

Sampaikan pesan dan motivasi

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com