Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Kuliah Pascasarjana di Malaysia? Ikuti Pameran Pendidikan EMGS

Kompas.com - 11/05/2023, 10:26 WIB
Dwi Oktariana,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Education Malaysia Global Services (EMGS) akan menggelar program seminar dan pameran pascasarjana di Jakarta untuk mewadahi minat pelajar Indonesia melanjutkan pendidikan di Malaysia pada 14 Mei 2023 mendatang.

Lewat acara ini, pelajar Indonesia mendapatkan kesempatan untuk memperoleh informasi langsung dari perwakilan lembaga pendidikan tinggi dan universitas asal Malaysia untuk melanjutkan studi pascasarjana di Malaysia.

Selain itu, acara ini juga memberikan kesempatan bagi institusi pendidikan dari Malaysia dan Indonesia untuk menjajaki ruang kerja sama yang lebih besar terutama dalam bidang penelitian pascasarjana.

Pasalnya, menurut data terbaru EMGS, saat ini Indonesia termasuk di antara lima negara dengan jumlah aplikasi tertinggi dari siswa internasional di Malaysia. Hal tersebut menjadi salah satu alasan digelarnya acara ini di Jakarta.

Baca juga: Mahasiswa UPJ Raih Beasiswa IISMA 2023 di Universitas Ternama Malaysia

Pertama kalinya di Indonesia

Bersama dengan Education Malaysia Indonesia (EMI) dan Majlis Dekan Pengajian Siswazah (MDPS), program ini diselenggarakan sesuai dengan komitmen EMGS dalam mewujudkannya
Malaysia sebagai pusat bakat dan pengetahuan di tingkat regional.

Acara ini merupakan pertama kalinya digelar di Indonesia dan diharapkan dapat melibatkan lebih dari 50 institusi pendidikan tinggi Malaysia dan Indonesia.

Dalam pameran pendidikan yang bertajuk ‘Seminar Dan Pameran Pascasarjana Malaysia’ ini, ada 26 perguruan tinggi asal Malaysia yang ikut berpartisipasi, beberapa diantaranya seperti Universitas Kuala Lumpur (UniKL), Universitas Malaya (UM), dan Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM).

Tidak hanya perguruan tinggi, acara ini juga diikuti oleh Majelis Ujian Malaysia (MPM), MATRADE, Tourism Malaysia, CIMB Indonesia dan Maybank Indonesia.

Baca juga: Beasiswa S2/S3 Malaysia 2023, Uang Saku Capai Rp 58 Juta

Pada sesi seminar dengan tema “High Impact Research” dan “Postgraduate Education & Industries Partnerships” akan dihadiri oleh perwakilan dari universitas asal Malaysia, perwakilan dari universitas asal Indonesia, dan perwakilan dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Kuala Lumpur.

Sesi diskusi antara institusi pendidikan tinggi Malaysia dan Indonesia juga diadakan selama acara seminar dan pameran pascasarjana berlangsung.

Rangkaian sesi diskusi tersebut akan dikoordinasikan oleh Majlis Dekan Pengajian Siswazah (MDPS) Malaysia bersama dengan Forum Rektor Indonesia dan Forum Direktur Pascasarjana Indonesia.

Beberapa agenda yang akan dibahas dalam sesi diskusi, seperti pertukaran pelajar dan pengajar antara Indonesia dan Malaysia serta kerjasama penelitian yang dapat berdampak pada kedua negara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com