Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa UPJ Raih Beasiswa IISMA 2023 di Universitas Ternama Malaysia

Kompas.com - 02/05/2023, 21:10 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Mahasiswa Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) Ester Tri Utami berhasil lolos seleksi Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2023 dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek RI).

Program beasiswa IISMA merupakan bagian dari program Kampus Merdeka atau MBKM dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek RI).

IISMA bertujuan untuk membiayai mahasiswa Indonesia dalam program mobilitas internasional ke perguruan tinggi dan industri terbaik dunia.

Program beasiswa ini memberikan mahasiswa Indonesia kesempatan untuk belajar di perguruan tinggi luar negeri ternama selama satu semester atau selama 4-6 bulan.

Ester, sapaan akrabnya, diterima di salah satu universitas terbaik di Malaysia yaitu Universiti Sains Malaysia (USM) yang pada tahun 2020 menduduki posisi pertama Global University Employability Ranking dan ranking 4 dunia dari Times Higher Education di tahun 2022.

 

Mahasiswa S1 Program Studi Akuntansi semester enam UPJ ini mengambil empat mata kuliah yang berkaitan dengan program studinya saat ini yaitu; International Business, Business and Communication English, Principles of Marketing, dan Sustainability: Issues, Challenges, and Prospects.

Ester sendiri menjadi salah satu dari 10.496 mahasiswa dari seluruh Indonesia yang mendaftar beasiswa IISMA 2023 di mana antusiasme pendaftar IISMA di tahun ini tercatat mencapai angka tertinggi semenjak diluncurkannya program IISMA di tahun 2021.

Proses seleksi IISMA 2023 sendiri terdiri dari dua rangkaian besar, yaitu seleksi pemberkasan dan seleksi wawancara.

Mahasiswa yang memenuhi persyaratan dapat memilih universitas tujuan dan mata kuliah yang akan diambil, melengkapi berkas yang diperlukan seperti esai, transkrip nilai, surat pernyataan orang tua dan surat keterangan dari Universitas.

Baca juga: 9 Mahasiswi Untar Lolos Beasiswa IISMA 2023, Teruskan Perjuangan RA Kartini

 

Setiap mahasiswa yang lolos seleksi pemberkasan akan diundang untuk seleksi wawancara sebagai akhir seleksi IISMA 2023 sebelum nantinya diumumkan secara resmi oleh panitia IISMA 2023.

Pada tahapan seleksi di universitas, tim dari Biro Kerja Sama dan Hubungan Internasional UPJ melakukan seleksi mahasiswa perwakilan dari sepuluh program studi yang ada di UPJ kemudian dilanjutkan dengan melakukan asistensi di semua tahapan seleksi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com