Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Dapat Beasiswa di Taiwan Melalui IISMA, Mahasiswa Ukrida Ini Bagikan Pengalaman Studinya

Kompas.com - 01/03/2023, 15:14 WIB
Dwi NH,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Mahasiswa Program Studi (Prodi) Sastra Inggris Universitas Kristen Krida Wacana (Ukrida) Angeline Merici terpilih sebagai salah satu dari 1.565 mahasiswa penerima beasiswa Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2022.

IISMA merupakan salah satu program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) unggulan yang diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia (RI).

Program IISMA mulai diluncurkan pada 2021 dengan tujuan memberikan beasiswa bagi para awardee atau penerima beasiswa terpilih untuk belajar di perguruan tinggi besar dan ternama di luar negeri. Utamanya, perguruan tinggi yang menjadi mitra Kemendikbudristek RI.

Perguruan tinggi luar negeri tersebut tersebar di kawasan Amerika Serikat (AS), Kanada, Eropa, Asia, Inggris, Irlandia, dan Australia.

Program IISMA sendiri bertujuan untuk memberikan hak dan kesempatan kepada mahasiswa guna mengembangkan kompetensi, pengetahuan, dan kecakapan berelasi antarbudaya dan jejaring internasional.

Baca juga: Faktor Hubungan Antarpribadi dalam Komunikasi Antarbudaya

Selain itu, para awardee juga berkesempatan untuk mengenyam pengalaman studi di perguruan tinggi luar negeri yang menambah khazanah pendidikan global.

Adapun mata kuliah (matkul) yang ditawarkan oleh perguruan tinggi mitra di luar negeri, meliputi matkul untuk pengembangan diri, kepemimpinan, dan kesadaran lintas budaya.

Dengan semangat Merdeka Belajar, para awardee bisa memilih mata kuliah yang diminati dan sesuai dengan persyaratan yang berlaku di perguruan tinggi mitra di luar negeri dan perguruan tinggi asal penerima beasiswa.

Pengalaman pembelajaran selama satu semester di perguruan tinggi luar negeri sendiri dapat disetarakan hingga 20 sistem kredit akademik (SKS).

Keikutsertaan Merici menjadi penanda kedua kalinya Ukrida mengikuti program IISMA. Sebelumnya, dua mahasiswa Ukrida bernama Chintia dan Timotius Siahitaher berhasil menjadi awardee IISMA 2021.

Baca juga: Warek I Ukrida Ditunjuk Menjadi Ketua Dewan Pengurus BKAP3-PTKI

Hal tersebut menjadi bukti nyata bahwa Ukrida mendukung penuh program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Dukungan juga ditunjukkan dalam bentuk pendampingan para awardee sebelum seleksi tingkat nasional dalam bentuk workshop "Writing a Powerful CV" dan workshop "How to Win the Interview".

Para awardee juga diberikan dukungan penuh selama mengikuti program melalui rangkaian Empowerment Series.

Sebagai bentuk apresiasi terhadap prestasi para mahasiswa yang berhasil terpilih dalam program ini, Ukrida memberikan bebas biaya kuliah selama satu semester.

Di samping mengikuti program MBKM Unggulan dari Kemendikbudristek, Ukrida juga proaktif dalam menjalankan program MBKM Mandiri, seperti pertukaran mahasiswa dalam dan luar negeri, magang industri, indpendent project, dan Ukrida Mengajar.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com