Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hardiknas, Jana Milia: Memajukan Pendidikan Adalah Bagian Bela Negara

Kompas.com - 02/05/2023, 20:39 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com -  Jana Milia, lulusan Magister Pertahanan dari Universitas Pertahanan, menegaskan pemerataan akses pendidikan adalah salah satu bentuk aksi nyata bela negara.

Travel blogger ini juga meyakini bentuk bela negara dan tindakan patriotisme dapat dilakukan dengan menjadi agen perubahan dalam memajukan pendidikan.

Baginya, bela negara tidak hanya berarti membela negara dari ancaman luar, tapi juga membantu masyarakat yang membutuhkan.

“Ada banyak hal yang bisa kita sebagai Kader Bela Negara dapat lakukan untuk masa depan bangsa Indonesia, ini tugas kita sebagai agent of change (agen Perubahan),” unggkap Jana Milia (2/5/2023).

Kesadaran inilah yang mendorong Jana Milia atau yang juga akrab disapa Millie Alexander membuka kelas belajar gratis untuk anak-anak kurang mampu di kampung halamannya di Lubuklinggau, Sumatera Selatan.

Jana Milia berharap bisa membantu mereka meraih pendidikan lebih baik.

"Program ini ingin membantu anak-anak kurang mampu yang tidak mampu membayar biaya kelas tambahan atau memiliki akses yang terbatas ke pendidikan, khususnya untuk pelajaran Bahasa Inggris," jelasnya.

Ia berharap melalui kelas belajar gratis ini, anak-anak dapat meningkatkan kemampuan akademik mereka dan mencapai kesuksesan di masa depan.

Program kelas belajar gratis ini telah dimulai di daerah sekitar tempat tinggal asalnya, dan rencananya akan diperluas ke daerah-daerah lainnya di Provinsi yang sama.

Jana Milia juga berencana untuk mengajak para alumni mahasiswa, pemuda-pemudi di Lubuklinggau dan masyarakat umum untuk turut membantu dalam program ini.

“Saya ingin berbagi ilmu dan pengetahuan saya kepada masyarakat yang membutuhkan. Saya percaya bahwa pendidikan adalah hak semua bangsa seperti yang diamanatkan UUD 1945," ungkapnya.

Baca juga: Momentum Hardiknas, Ini 5 Skill yang Dibutuhkan Guru untuk Mendukung Merdeka Belajar

"Dan saya ingin membantu mereka yang membutuhkan untuk menggapai cita-cita mereka. Terlebih ada banyak hal yang dapat dilakukan sebagai pemuda untuk membangun bangsa kita ini," lanjut Jana Milia.

Program kelas belajar gratis ini mendapat sambutan baik dari masyarakat setempat di mana banyak orangtua merasa terbantu dengan adanya program ini dan anak-anak yang senang dapat belajar secara gratis.

"Diharapkan inisiatif ini dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat dan mengajak semua pihak untuk turut membantu dalam membuka kesempatan bagi anak-anak kurang mampu di Indonesia untuk meraih pendidikan yang lebih baik," harap Jana Milia.

"Semoga program ini terus berlanjut dan semakin banyak anak-anak yang dapat meraih kesempatan untuk memperoleh pendidikan yang layak," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com