Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

5 Keunggulan Sekolah Cikal Surabaya, Sekolah Swasta Berbasis Kompetensi dan Pendekatan Personalisasi

Kompas.com - 24/04/2023, 17:19 WIB
Dwi NH,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sekolah Cikal Surabaya sebagai salah satu titik kampus Sekolah Cikal di Indonesia menghadirkan pendidikan yang menerapkan pendekatan personalisasi bagi setiap anak, termasuk anak berkebutuhan khusus dengan menyesuaikan minat, bakat, dan kebutuhannya.

Berlokasi di Jalan Raya Lontar, Surabaya Barat, Sekolah Cikal Surabaya merupakan salah satu sekolah swasta nasional berbasis kompetensi dan pendekatan personalisasi di Surabaya.

Sekolah Cikal Surabaya juga menghadirkan jenjang pendidikan yang lengkap, yakni dari Prasekolah, Taman Kanak-Kanak (TK) hingga jenjang sekolah menengah atas (SMA), serta pendidikan inklusif bagi anak berkebutuhan khusus (ABK).

Sekolah Cikal Surabaya, sekolah berbasis komptensi dan personalisasi, di Surabaya.
Dok. Sekolah Cikal Surabaya Sekolah Cikal Surabaya, sekolah berbasis komptensi dan personalisasi, di Surabaya.

Penasaran apa saja keunggulan dari Sekolah Cikal Surabaya dari sisi kurikulum, program, dan lain sebagainya? Simak selengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Pentingnya Dukungan Orangtua dalam Implementasi Kurikulum Merdeka

1. Menerapkan Kurikulum Kompetensi 5 Bintang Cikal

Sekolah Cikal Surabaya merupakan salah satu kampus Sekolah Cikal yang juga menerapkan Kurikulum Kompetensi 5 Bintang Cikal (Cikal 5 Stars Competencies).

Kurikulum tersebut ditujukan untuk mengembangkan setiap anak menjadi versi terbaik dari dirinya sebagai manusia dengan cakupan keahlian, pengalaman, dan persiapan karir di masa depan sebagaimana yang dicita-citakan oleh Pendiri Cikal, Najelaa Shihab.

“Kompetensi 5 Bintang Cikal merupakan seperangkat kurikulum yang telah didefinisikan untuk mendampingi pengembangan diri murid mencakup keahlian, pengalaman, dan persiapan karir di seluruh lini pendidikan di Cikal,” ucap Najelaa dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (24/4/2023).

Kompetensi 5 Bintang Cikal atau Cikal 5 Stars Competencies merupakan visi, cita-cita, dan tujuan utama pendidikan di Sekolah Cikal, Rumah Main Cikal, dan Pendidikan Inklusi Cikal.

DOK. Sekolah Cikal Kompetensi 5 Bintang Cikal atau Cikal 5 Stars Competencies merupakan visi, cita-cita, dan tujuan utama pendidikan di Sekolah Cikal, Rumah Main Cikal, dan Pendidikan Inklusi Cikal.

Di jenjang sekolah dasar (SD), Sekolah Cikal Surabaya juga telah terotorisasi oleh International Baccalaureate (IB) Primary Year Level (PYP) sebagai sebuah framework pembelajaran yang terintegrasi dengan kurikulum Cikal, Kompetensi 5 Bintang Cikal untuk pengembangan kompetensi murid.

Baca juga: Kemenkominfo Dorong Peningkatan Kompetensi TIK Kesehatan

Lalu, untuk jenjang sekolah menengah pertama (SMP) dan SMA Sekolah Cikal Surabaya menggunakan kurikulum nasional yang berintegrasi dengan kurikulum Cikal.

2. Menerapkan pendekatan personalisasi dalam pembelajaran dan asesmen

Sebagai Kepala Sekolah Cikal Surabaya, Hasto Pidekso menyebutkan bahwa Sekolah Cikal Surabaya senantiasa mengapresiasi setiap keunikan para murid yang memiliki potensi yang beragam di jenjang TK hingga SMA.

Oleh karena itu, setiap murid Cikal Surabaya dapat menikmati proses belajar dengan pendekatan personalisasi.

“Sekolah Cikal Surabaya percaya bahwa setiap murid mempunyai potensi yang berbeda satu sama lain, sehingga sekolah dan guru harus mampu mengakomodasi kebutuhan tersebut,” ucap Hasto.

Proses personalisasi, lanjut dia, dapat dilakukan secara materi, proses maupun produk asesmen yang dihasilkan murid.

Baca juga: Pemprov DKI Bakal Gandeng Swasta untuk Asesmen Direksi-Komisaris BUMD

“Dari potensi yang berbeda itulah, guru dapat merancang berbagai variasi pembelajaran dan asesmen sesuai kebutuhan di jenjang tersebut, maupun kebutuhan masing-masing murid,” ujar Hasto.

Pendekatan personalisasi di Sekolah Cikal Surabaya mendukung optimalisasi minat dan bakat anak.

DOK. Humas Sekolah Cikal Surabaya Pendekatan personalisasi di Sekolah Cikal Surabaya mendukung optimalisasi minat dan bakat anak.

Pendekatan personalisasi ini juga diterapkan ke jenjang Pendidikan Inklusi Cikal Surabaya yang mendukung optimalisasi pengembangan diri anak-anak berkebutuhan khusus.

Hal tersebut dilakukan Sekolah Cikal Surabaya dengan adanya penyesuaian moda belajar (individual, kelas kecil, dan kelas besar), dan juga modi?kasi kurikulum.

Personalisasi di Sekolah Cikal Surabaya juga diterapkan dalam asesmen, personalisasi gaya seragam batik dan warna rambut anak dalam keseharian di sekolah.

Penerapan tersebut dilakukan sebagai langkah Sekolah Cikal Surabaya memaksimalkan personalisasi atas keragaman karakter dan minat anak.

Baca juga: Karakter Imut Hello Kitty Hadir dalam Siluet Adidas Forum

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com