Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perkuat Kompetensi Guru dan Kepsek, POP Eduversal kembali Gelar DTP di Aceh

Kompas.com - 24/02/2023, 09:00 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Pada 14-17 Februari 2023 lalu, Eduversal Foundation kembali menggelar program "Development of Teaching Proficiency (DTP)". Program ini merupakan bagian dari rangkaian Program Organisasi Penggerak (POP) yang dicanangkan Kemendikbud Ristek.

DTP merupakan program pelatihan yang dirancang khusus untuk meningkatkan kompetensi para guru dan Kepala Sekolah dengan sasaran SMP di Banda Aceh.

Program yang telah memasuki tahun ketiga ini diselenggarakan di Kota Banda Aceh dan diikuti 10 Sekolah Sasaran pada jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Mereka terdiri dari 10 Kepala Sekolah dan 20 peserta guru.

Perwakilan Eduversal Foundation, Andry Nur Hidayat melalui rilis resmi (23/2/2023) berharap, kegiatan ini dapat membantu sekolah-sekolah dalam mengembangkan kurikulum ataupun metode pembelajaran yang lebih inovatif.

"Tentunya pada akhirnya meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan lebih baik lagi," tambah Andry.

Andry juga menjelaskan, pada tahun ketiga ini DTP berfokus pada topik “Social Emotional Learning (SEL) dan Testing & Assessment”.

Dalam kesempatan sama, Wakil Ketua Eduversal Foundation, Ulul Ilmi mengajak guru dan kepala sekolah untuk segera mengimplementasikan apa yang telah dipelajari dan didiskusikan bersama dalam kegiatan ini.

"Harapannya kegiatan DTP tidak berhenti disini, namun dapat tetap dilanjutkan dan bahkan dapat berkolaborasi dengan sekolah-sekolah mitra Eduversal lainnya yang ada diberbagai daerah yang berbeda," pesan Ulul Ilmi.

Meningkatkan mutu pendidikan di Aceh

Pada acara sosialisasi dan pembukaan DTP Aceh (14/2/2023) Kepala Dinas Pendidikan Kota Banda Aceh, Sulaiman Bakri memberikan ucapan selamat kepada Eduversal Foundation sebagai salah satu penyelenggara terbaik dari POP.

Baca juga: 7.931 Guru Lulus Jadi Guru Penggerak Angkatan 5 

"Selain itu, yang paling penting dari kegiatan ini adalah outputnya yakni peningkatan mutu pendidikan dan memberikan solusi atas berbagai masalah di dalam proses belajar mengajar di Aceh, khususnya Kota Banda Aceh," ujar Sulaiman Bakri.

Kepala SMPN 3 Banda Aceh, Rima Afriani, salah satu peserta mengungkapkan kegiatan ini memberikan banyak materi baru yang sangat berguna. "Semoga program DTP POP dapat terus berlanjut di tahun-tahun mendatang," harap Rima.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com