Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa Harvard University Ajarkan Siswa Indonesia Tentang Kepemimpinan

Kompas.com - 18/03/2023, 15:07 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Bina Bangsa School (BBS) membawa mentor dari universitas terbaik di dunia, Harvard University, untuk melatih siswa tentang kepemimpinan.

BBS kembali memberikan bukti bahwa mereka selalu memberikan pendidikan berkualitas tinggi kepada siswa-siswinya.

Baca juga: 10 Jurusan Sepi Peminat UI, ITB, dan UGM pada UTBK SNBT 2023

Program intensif yang berlangsung selama 3 hari ini dipimpin oleh para mahasiswa Harvard University dan dihadiri oleh siswa-siswi yang berasal dari 6 kampus Bina Bangsa School: Jakarta, Malang, Bandung, Semarang, dan Balikpapan.

Kegiatan ini diadakan sejak tanggal 16-18 Maret 2023 di Bina Bangsa School PIK Campus.

Adapun kegiatan berfokus pada kegiatan kepemimpinan, masalah kontekstual dan bagaimana cara menyelesaikan masalah kompleks melalui kerja kelompok.

Dengan mengikuti kurikulum yang telah dirancang baik, siswa-siswi akan belajar bagaimana menciptakan solusi inovatif untuk beberapa masalah paling mendesak di masa kini.

Direktur Muda Akademik BBS, Yuliana Puspitasari mengatakan, BBS selalu memberikan yang terbaik untuk siswa-siswi dan tidak akan segan untuk belajar dari universitas yang terbaik, Harvard University.

"Mentor Harvard akan mengajarkan siswa-siswi tentang bagaimana berpikir secara kritis dan kreatif dalam menyelesaikan masalah, sambil membantu siswa-siswi dalam membuat rencana tindakan ke depan," jelas dia dalam keterangannya, Sabtu (18/3/2023).

Hendro Widjaya selaku Superintendent BBS menambahkan, program ini akan meningkatkan kemampuan siswa-siswi BBS untuk berpikir analitis dan kreatif.

Lalu juga dapat menggunakan data untuk memperkirakan dan memvalidasi solusi yang diusulkan.

Dalam program ini, siswa-siswi tidak hanya belajar teori tentang kepemimpinan, tetapi juga diajarkan bagaiman menerapkan konsep-konsep ini dalam situasi dunia nyata.

"Kami mendapat sambutan yang sangat hangat dari murid-murid kami. Mereka semua sangat antusias dan senang mengikuti program ini. Siswa-siswi juga berlatih keterampilan komunikasi yang lebih efektif dan percaya diri," ucap Samuel Effendy, selaku Kepala Sekolah SMP & SMA BBS.

Baca juga: 15 Jurusan Sepi Peminat UNJ di SNBT 2023, Ada Jurusan Teknik

Dia mengaku, program ini bertujuan untuk mengasah kemampuan kepemimpinan siswa-siswi dengan cara yang menyenangkan dan interaktif.

Program ditutup dengan adanya sesi sharing dari mentor Harvard University ini.

Mereka berbagi pengalaman mereka dengan siswa-siswi dan para orang tua murid tentang perjalanan mereka sampai mereka dapat diterima di Harvard University.

Mereka juga membagikan tips yang bermanfaat untuk siswa-siswi agar dapat berusaha untuk masuk ke Harvard University, dan juga adanya sesi tanya jawab.

Pendidikan berkualitas tinggi menjadi kebutuhan mutlak dalam mempersiapkan generasi muda menjadi pemimpin masa depan yang sukses dan berpengaruh.

Di sini peran Bina Bangsa School hadir, sebagai sekolah yang selalu berupaya meningkatkan kualitas pendidikan yang diberikan dengan menghadirkan program-program inovatif yang dapat membantu siswa-siswi mengembangkan potensi mereka secara maksimal.

Baca juga: Jadwal Libur Lebaran dan Libur Sekolah SD, SMP, SMA 2023

Program ini memberikan pengalaman yang sangat berharga bari siswa-siswi dalam mengembangkan keterampilan kepemimpinan mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com