Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa Unesa Teliti Selada Air Bisa Hasilkan Cahaya

Kompas.com - 16/03/2023, 18:19 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

Sumber Unesa

KOMPAS.com - Inovasi mahasiswa Indonesia di bidang energi terbarukan terus didorong. Seperti penelitian yang dilakukan oleh tim mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Surabaya (Unesa).

Tim mahasiswa ini melakukan riset pemanfaatan enzim luciferase pada tumbuhan selada air sebagai alternatif sumber energi listrik berbasis nanopartikel.

Mahasiswa yang terlibat dalam penelitian ini terdiri dari Putri Rusmila, Azar Zakaria, Meydiana Arnyan Putri dari prodi S1 Pendidikan Fisika dan Yestyas Ramadiah Hanum, Shavira Ananta Nur Indayati dari prodi S1 Pendidikan Biologi. Sedangkan selama penelitian, mahasiswa ini dibimbing oleh dosen Muhammad Habibullah, S.

Baca juga: Dokumen dan Perlengkapan yang Harus Dibawa Saat Ikut UTBK SNBT 2023

Teliti selada air bisa memancarkan cahaya

Putri Rusmila mengatakan, riset pemanfaatan enzim khusus pada tumbuhan tersebut merupakan salah satu proyek yang dikerjakan para peneliti di dunia.

Salah satunya di Inggris lewat Massachusetts Institute of Technology (MIT).

"Proyek riset ini arahnya yaitu bagaimana tumbuhan selada air bisa memancarkan cahaya seperti lampu," kata Putri seperti dikutip dari laman Unesa, Kamis (16/3/2023).

Dia mengungkapkan, agar bisa memancarkan cahaya, selada air diberikan enzim luciferase yang terdiri dari molekul luciferin.

Selain itu, juga diberi semacam nanopartikel dan co-enzim untuk membantu menghilangkan reaksi penghambat aktivitas luciferase pada selada air dalam memancarkan cahaya.

"Cahaya yang muncul tidak menggunakan colokan listrik lagi, tetapi lewat proses metabolisme tumbuhan itu sendiri alias bioenergi," jelasnya.

Baca juga: Jalur Mandiri UIN Suska 2023: Cek Jadwal dan Syaratnya

Juara 3 dalam kompetisi yang diadakan Universitas Brawijaya

Penelitian mahasiswa Unesa ini diajukan dalam bentuk esai dalam International Agriculture Technology Essay Competition atau disingkat INTEGRATION yang diadakan Universitas Brawijaya.

Dalam kompetisi tersebut, para mahasiswa Unesa berhasil meraih juara tiga dalam sub tema sustainable bioenergy.

Dalam kompetisi tersebut, tim Unesa bersaing dengan 135 tim dari berbagai perguruan tinggi dalam dan luar negeri. Ada yang dari Filipina, Vietnam, Thailand hingga Australia.

Azar Zakaria menambahkan, judul ini berfokus pada nanopartikel yang sejalan dengan bidang keilmuan fisika dan proses injeksi stomata bidang keilmuan biologi.

Selada air mampu hasilkan energi listrik

Tulisan tersebut menjelaskan kemampuan selada untuk menghasilkan energi listrik dari injeksi nanopartikel.

Baca juga: Cerita Dosen TikTok dari Unpad, Pernah Mendapat Komentar Jahat

Menurut dia, biaya listrik yang meningkat seiring peningkatan jumlah penduduk di Indonesia sehingga penelitian ini dilakukan untuk membantu pihak PLN dalam memasok sumber daya listrik dan bertujuan untuk membantu daerah 3T agar dapat menikmati kilauan cahaya alami dari tumbuhan.

"Tentu penelitian ini akan terus dikembangkan dan harapannya bisa sampai ke tahap pengujian dan menghasilkan produk," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com