Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Perguruan Tinggi Punya Jurusan Nuklir, Prospek Kerja Menjanjikan

Kompas.com - 10/03/2023, 14:02 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Albertus Adit

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Jurusan di bidang nuklir masih terbilang langka bahkan di Indonesia baru sedikit perguruan tinggi yang membuka jurusan ini.

Padahal prospek kerja jurusan nuklir sangat tinggi dan banyak dicari di luar negeri bahkan punya gaji tinggi hingga puluhan juta. 

Di Indonesia, ada 3 perguruan tinggi yang punya Jurusan Nuklir. Jurusan ini tersedia mulai jenjang D4, S1 dan S3. 

Perguruan tinggi tersebut adalah Universitas Gadjah Mada (UGM), Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir- BATAN (STTN BATAN) dan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Baca juga: 7 Jurusan Kuliah Tersulit, Tertarik Daftar?

Perlu kamu tahu, Jurusan Nuklir sendiri merupakan ilmu praktis mengenai inti atom yang disarikan dengan prinsip fisika nuklir serta interaksi yang terjadi antara radiasi dan material.

Siap mengenal ketiga perguruan tinggi yang punya jurusan nuklir? Cek informasinya di bawah ini:

1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang berada di Yogyakarta ini menyediakan Jurusan Teknik Nuklir jenjang S1.

Dalam Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2023, jumlah peminat (2022) jurusan ini mencapai 235 calon mahasiswa dengan daya tampung hanya 15 kursi saja.

Baca juga: 10 Jurusan Sepi Peminat UGM, Referensi UTBK SNBT 2023

Dilansir dari laman UGM, bidang keahlian teknik nuklir meliputi aplikasi teknologi nuklir dalam pembangkitan daya, aplikasi radiasi dan radioisotop di industri, dan aplikasi yang mendukung radiologi klinik (radiodiagnostik dan radioterapi).

Proses kuliah sendiri diarahkan untuk membekali mahasiswa agar mampu mengembangkan diri sesuai dengan profesi yang dipilih.

Sementara, jumlah satuan kredit semester (SKS) untuk menyelesaikan prodi Sarjana Teknik Nuklir UGM adalah 144 dengan sebaran mata kuliah wajib 124 SKS serta mata kuliah pilihan konsentrasi dan pilihan bebas 20 SKS.

Lulusan program studi ini memiliki kompetensi dalam pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi nuklir.

Sehingga saat lulus nanti bisa meningkatkan kesejahteraan manusia, pemanfaatan bahan galian, radioaktif secara aman, pemanfaatan radioaktif dan radiasi di rumah sakit, industri dan pembangkit listrik.

Baca juga: 10 Jurusan yang Bakal Booming di Masa Depan, Referensi SNBP-SNBT 2023

Sementara peluang kerja lulusan ini antara lain dapat bekerja di lembaga pemerintah (Kementerian Kesehatan, Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPPETEN).

Lalu bekerja di Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Kementerian Perindustrian dan Perdagangan), industri kimia, industri permesinan, industri energi dan jasa yang menerapkan teknologi nuklir, eksplorasi minyak dan gas bumi, industri informatika dan pendidikan tinggi.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com