Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/03/2023, 15:24 WIB
|

KOMPAS.com - Pada pendaftaran masuk perguruan tinggi, tentu ada beberapa jurusan kuliah yang jadi rebutan oleh calon mahasiswa.

Padahal, jurusan itu juga ada yang masuk sebagai jurusan kuliah tersulit. Karena untuk lulus dan diwisuda harus butuh perjuangan keras.

Calon mahasiswa tentunya harus paham beberapa jurusan kuliah tersulit agar nantinya punya persiapan matang untuk kuliah dan bisa lulus. Apalagi lulus dengan pujian.

Melansir laman Aku Pintar, berikut ini beberapa jurusan kuliah yang dirasa cukup sulit atau butuh perjuangan ekstra.

Baca juga: 7 Tips Memilih Jurusan Kuliah di 2023, Apa Saja Itu?

Jurusan kuliah tersulit

1. Pendidikan Dokter atau Kedokteran

Tentu, semua orang sudah paham kalau Pendidikan Dokter jadi jurusan tersulit. Ini karena kamu belajar tentang biokimia, fisiologi, anatomi, farmakologi, patologi, hingga psikiatri.

Mahasiswa Kedokteran belajar tentang sistem, ragam penyakit, hingga pengobatan penyakit pada tubuh manusia. Selain diagnosis medis, ada aspek sosial, budaya, hingga psikis yang terlibat dalam pengobatan.

2. Farmasi

Untuk jurusan ini juga menjadi salah satu jurusan kuliah paling sulit di dunia. Karena di jurusan ini kita belajar tentang anatomi tubuh, Matematika, Kimia, Fisika, Biologi sel, tumbuhan obat, hingga kosmetik.

Pemasaran dan Manajemen juga tak luput dipelajari. Jadi, Farmasi itu nggak melulu tentang obat. Selain itu jurusan kuliah ini juga banyak peminatnya.

3. Teknik Informatika

Adapun jurusan kuliah tersulit berikutnya ialah Teknik Informatika. Nantinya, mahasiswa akan belajar tentang analisis matematis dan ilmu komputer.

Tentu untuk men-design, develop, test, hingga mengevaluasi software, operation system, dan kerja komputer. Bukan hal yang mudah memang untuk memastikan kelancaran kerja suatu sistem operasi.

Baca juga: Cek Jurusan Kuliah untuk Anak IPA, Referensi Ikut SNBP 2023

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Sumber Aku Pintar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+