Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Jurusan Kuliah Tersulit, Tertarik Daftar?

Kompas.com - 08/03/2023, 15:24 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber Aku Pintar

KOMPAS.com - Pada pendaftaran masuk perguruan tinggi, tentu ada beberapa jurusan kuliah yang jadi rebutan oleh calon mahasiswa.

Padahal, jurusan itu juga ada yang masuk sebagai jurusan kuliah tersulit. Karena untuk lulus dan diwisuda harus butuh perjuangan keras.

Calon mahasiswa tentunya harus paham beberapa jurusan kuliah tersulit agar nantinya punya persiapan matang untuk kuliah dan bisa lulus. Apalagi lulus dengan pujian.

Melansir laman Aku Pintar, berikut ini beberapa jurusan kuliah yang dirasa cukup sulit atau butuh perjuangan ekstra.

Baca juga: 7 Tips Memilih Jurusan Kuliah di 2023, Apa Saja Itu?

Jurusan kuliah tersulit

1. Pendidikan Dokter atau Kedokteran

Tentu, semua orang sudah paham kalau Pendidikan Dokter jadi jurusan tersulit. Ini karena kamu belajar tentang biokimia, fisiologi, anatomi, farmakologi, patologi, hingga psikiatri.

Mahasiswa Kedokteran belajar tentang sistem, ragam penyakit, hingga pengobatan penyakit pada tubuh manusia. Selain diagnosis medis, ada aspek sosial, budaya, hingga psikis yang terlibat dalam pengobatan.

2. Farmasi

Untuk jurusan ini juga menjadi salah satu jurusan kuliah paling sulit di dunia. Karena di jurusan ini kita belajar tentang anatomi tubuh, Matematika, Kimia, Fisika, Biologi sel, tumbuhan obat, hingga kosmetik.

Pemasaran dan Manajemen juga tak luput dipelajari. Jadi, Farmasi itu nggak melulu tentang obat. Selain itu jurusan kuliah ini juga banyak peminatnya.

3. Teknik Informatika

Adapun jurusan kuliah tersulit berikutnya ialah Teknik Informatika. Nantinya, mahasiswa akan belajar tentang analisis matematis dan ilmu komputer.

Tentu untuk men-design, develop, test, hingga mengevaluasi software, operation system, dan kerja komputer. Bukan hal yang mudah memang untuk memastikan kelancaran kerja suatu sistem operasi.

Baca juga: Cek Jurusan Kuliah untuk Anak IPA, Referensi Ikut SNBP 2023

4. Teknik Sipil

Mahasiswa yang ambil jurusan ini akan belajar banyak hal karena begitu luasnya ruang lingkup keilmuan Teknik Sipil. Di sini ada Matematika, Biologi, Fisika, ilmu tentang lingkungan, Geologi, hingga komputer.

Selain itu juga belajar untuk merancang, membangun, maupun merenovasi infrastruktur dan gedung yang sesuai dengan pergerakan dan kebutuhan manusia tanpa mengabaikan keadaan lingkungan.

5. Arsitektur

Bukan hanya faktor kekuatan dan fungsi bangunan yang diperhitungkan dalam bidang Arsitektur, melainkan keindahan suatu desain menjadi faktor penting yang tak boleh ketinggalan.

Mahasiswa Arsitektur juga belajar bagaimana agar gagasan, konsep, dan desain yang dimilikinya tertuang ke atas kertas.

6. Matematika

Tenyata, Matematika itu induknya ilmu pengetahuan, terutama sains dan teknologi. Hari gini, tidak ada yang meragukan betapa penting keduanya.

Statistika dan Akuntansi juga "diturunkan" dari Matematika (Matematika Terapan). Karena luasnya cakupan ilmunya, Matematika adalah jurusan kuliah tersulit.

7. Statistika

Ilmu Statistika berkaitan dengan pengumpulan dan perhitungan data. Bilangan yang dianalisis dalam Statistika berupa kuantitas yang besar.

Akan tetapi, bukan hanya kuantitas data yang besar yang membuat Statistika sebagai salah satu jurusan paling sulit.

Baca juga: 7 Jurusan Kuliah IPS, Kamu Cocok yang Mana?

Ini karena jurusan kuliah tersulit tersebut belajar tentang merencanakan, mengumpulkan, menganalisis dan membuat interpretasi data agar nantinya dapat digunakan dalam membuat perencanaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Aku Pintar


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com