Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nilai Matematika Tinggi? Ini Rekomendasi Jurusan Kuliah di SNBP 2023

Kompas.com - 31/01/2023, 14:31 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jika kamu punya nilai matematika yang bagus, ada 17 program studi (prodi) atau jurusan kuliah dengan mata pelajaran pendukung matematika yang bisa kamu pilih di Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2023.

Mata pelajaran pendukung prodi sendiri menjadi salah satu poin seleksi SNBP 2023 berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Nomor 345/M/2022 tentang mata pelajaran pendukung program studi SNBP 2023.

Baca juga: Mengapa SNBP 2023 Pakai Nilai Rata-rata Semua Mata Pelajaran?

Nilai mapel pendukung masuk ke dalam komponen penggali minat dan bakat dengan bobot maksimal 50 persen. Selain komponen penggali minat bakat, ada bobot 50 persen bagi seluruh nilai mata pelajaran.

Karena itu, sebelum pendaftaran SNBP 2023, maka calon mahasiswa harus mengecek jurusan apa saja yang membutuhkan nilai mata pelajaran pendukung SNBP 2023:

1. Ekonomi

Jika kamu ingin masuk jurusan yang bidang studinya Ekonomi, maka perhatikan nilai matematika. Pasalnya, matematika menjadi salah satu mata pelajaran pendukung jurusan Ekonomi.

Jurusan yang bisa kamu pilih misalnya Ekonomi Syariah, Ekonomi Pembangunan, Manajemen, Akuntansi, Keuangan dan masih banyak lagi.

Baca juga: Biaya Kuliah S1 Kedokteran UI, UGM, Unair, Undip, dan Unpad 2022

2. Psikologi

Untuk jurusan yang berkaitan dengan bidang studi psikologi, misalnya Psikologi Industri, Psikologi Klinis, Psikologi Sosial, Psikologi Pendidikan.

3. Ilmu atau Sains Kebumian

Bukan cuma bagi siswa yang pintar Geografi saja. Kamu yang punya nilai matematika bagus bisa memilih jurusan di bidang studi ini. Misalnya jurusan Geodesi dan Geomatika, jurusan Teknik Geofisika atau jurusan Teknik Geologi.

4. Astronomi

Jurusan di bidang Studi Astronomi, misalnya bisa kamu temui di Institut Teknologi Bandung (ITB). Ada juga jurusan lain di bidang ini misalnya Astrofisika, Sains Komputer, sains atmosfer dan keplanetan dan jurusan lain yang relevan.

Baca juga: 7 Jurusan Jadi Data Analyst, Referensi Daftar SNBP atau SNBT 2023

5. Komputer

Jurusan bidang studi komputer, misalnya Ilmu Komputer Teknik Informatika, Sistem Informasi, dan masih banyak lagi.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com