Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/01/2023, 16:27 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dalam Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2023, siswa tak lagi diseleksi dari nilai rata-rata beberapa mata pelajaran sesuai jurusan saat SMA atau MA. 

Melainkan, akan diseleksi berdasarkan nilai rata-rata semua mata pelajaran yang sudah dipelajari. 

Mengapa SNBP 2023 menggunakan nilai rata-rata semua mata pelajaran?

Alasannya, karena saat Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022 siswa masih dipisahkan berdasarkan jurusan saat SMA.

Jadi dulu siswa IPA akan diseleksi berdasarkan nilai Kimia, Fisika, Biologi, Matematika. Lalu siswa IPS akan diseleksi berdasarkan nilai Geografi, Ekonomi, Sosiologi, Matematika. Begitu juga siswa Bahasa yang harus menyertakan nilai bahasa dan mapel lainnya.

Baca juga: Jurusan Tanpa Matematika di UI, Referensi Daftar SNBP 2023

Karena seleksi menggunakan mata pelajaran tertentu, seolah mata pelajaran lain yang dipelajari siswa dianggap tidak penting dan fokus pembelajaran tidak menyeluruh.

Sehingga siswa hanya berusaha keras belajar di mata pelajaran tertentu dan tidak ambil pusing dengan nilai mata pelajaran lainnya.

Padahal, tujuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) adalah siswa bisa berprestasi melalui minat, bakat yang ia pilih dan kuasai. Dengan begitu, bisa menghasilkan sumber daya yang berkualitas.

Dilansir dari akun resmi Instagram Kemendikbud Ristek pada Senin (30/1/2023), karena alasan itulah maka pada SNBP 2023 semua siswa akan diseleksi dari nilai rata-rata rapor seluruh mata pelajaran.

Hal ini bertujuan agar siswa terdorong untuk berprestasi di seluruh mata pelajaran secara menyeluruh.

"(Sebelumnya di SNMPTN), hanya pelajaran tertentu yang dipertimbangkan dalam seleksi sehingga mata pelajaran lain dianggap tidak penting dan fokus pembelajaran tidak menyeluruh," jelas Kemendikbud Ristek dalam akun resminya, @kemdikbud.ri.

Baca juga: 7 Jurusan Jadi Data Analyst, Referensi Daftar SNBP atau SNBT 2023

Meski ada beberapa sekolah yang masih menerapkan kurikulum 2013 atau masih mengelompokkan siswa berdasarkan jurusan IPA, IPS, Bahasa, namun formula dalam SNBP 2023 tetap mendukung siswa yang ingin mengeksplorasi minat dan bakatnya.

Masalah lainnya, dulu pilihan program studi pada saat SNMPTN juga dibatasi berdasarkan jurusan di SMA. Karena itu peserta didik tidak punya kesempatan untuk mengeksplorasi minat dan bakatnya. 

Kini di SNBP 2023 siswa bisa lintas jurusan atau memilih prodi apa saja sesuai minatnya.
Karena itu, cek sejumlah ketentuan seleksi di SNBP 2023 seperti berikut ini. 

Sistem seleksi di SNBP 2023

Seluruh siswa yang memilih prodi tujuan S1, D4, dan D3 di SNBP 2023 bisa lintas prodi atau jurusan dengan komponen penilaian SNBP terdiri dari:

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com