Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Universitas Ivy League, Deretan Kampus Terbaik di Dunia

Kompas.com - 12/12/2022, 15:40 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Melanjutkan pendidikan mulai S1 hingga S3 di universitas atau kampus anggota Ivy League menjadi idaman banyak mahasiswa.

Karena, kampus atau universitas yang menjadi anggota Ivy League memiliki kualitas pendidikan yang membuat lulusannya bisa berkarier lebih cemerlang. Seperti Erina Gudono, Istri Kaesang Pangarep yang juga kuliah di Kampus Ivy League yakni Columbia University.  

Istilah "Ivy League" sebenarnya punya konotasi yang kearah kesempurnaan akademis dan elitisme akademis. Anggotanya juga sering disebut Ancient Eight atau Delapan Sekolah Lama. Karena itu ada 8 kampus anggota Ivy League.

Selain sudah didirikan sejak lama, kedelapan kampus Ivy League ini hampir selalu berada di peringkat teratas dalam daftar universitas top di Amerika dan dunia.

Baca juga: Ini Profil Columbia University, Kampus Ivy League Pilihan Erina Gudono

Universitas anggota Ivy League selalu punya daya dan inovasi akan teknologi di masa depan. 80 persen riset mengenai teknologi yang berkembang saat ini adalah ide dari para mahasiswa Ivy League.

Selain itu juga banyak sekali ilmuwan, artis, presiden dan para peraih nobel merupakan lulusan kampus Ivy League.

Siapa saja kampus atau universitas Ivy League? Dilansir masing-masing website kampus anggota Ivy League, cek rinciannya di bawah ini.

Daftar 8 Universitas Ivy League

1. Universitas Harvard atau Harvard University

Menurut perangkingan QS WUR 2023, Harvard University menduduki posisi 5 di dunia sebagai kampus terbaik.

Universitas Harvard berdiri pada tahun 1636 di Cambridge, Massachusetts dengan nama New College. Sebagai salah satu universitas terbaik di dunia, Harvard hanya menerima 7.181 mahasiswa dari seluruh dunia tahun ini.

Jurusan di Harvard University cukup banyak. Misalnya, Jurusan Hukum dan Liberal Arts. Lalu Matematika, Ilmu Komputer dan banyak lagi.

Tersedia beasiswa mulai jenjang S1 hingga S3 baik dari Harvard itu sendiri maupun organisasi di luar Harvard. Kamu juga bisa menggunakan beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Baca juga: Ini Manfaat Ikut Organisasi Mahasiswa di Kampus

2. Universitas Brown atau Brown University

Universitas Brown didirikan pada tahun 1764 di Providence, Rhode Island dengan nama Rhode Island College. Universitas Brown terkenal dengan nama tim atletiknya yang disebut The Bears.

Kurang lebih, setiap tahun jumlah penerimaan mahasiswa 6.316 orang. Universitas Brown punya motto In Deo Speramus (Pada Tuhan Kami Berharap) tersebut terkenal juga dikenal dengan liberal arts-nya. Tahu artis film Hollywood Emma Watson? Dia lulusan universitas ini juga.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com