Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa Yuk Coba, Ini 7 Tips Presentasi Efektif dan Memukau

Kompas.com - 21/11/2022, 16:09 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Saat di kampus, mahasiswa kini sudah terbiasa dengan presentasi. Selain sebagai media pembelajaran, juga untuk berkompetisi.

Misalnya saja untuk mempresentasikan gagasan atau ide di hadapan rekan-rekannya, dosen maupun dewan juri saat ikut kompetisi.

Karena itu, mahasiswa harus punya bekal terkait presentasi yang baik. Hal ini tak lepas dari penguasaan public speaking dari mahasiswa tersebut.

Melansir laman Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek, Minggu (20/11/2022), berikut ini tips presentasi yang memukau.

Baca juga: Yuk Intip 6 Tips Sukses Presentasi bagi Para Mahasiswa

Adapun tips ini dibagikan oleh Salamatul Hifdiyah, salah satu mahasiswa berprestasi dari Politeknik Negeri Malang (Polinema) yang kerap mengikuti berbagai kompetisi di kampus maupun tingkat nasional.

Tips presentasi efektif dan memukau

1. Percaya diri

Tips pertama ialah harus percara diri. Jadi, tidak perlu berlebihan, sedikit saja rasa percaya diri bisa berdampak besar. Kepercayaan diri bisa terpancar dari senyum yang tersungging di wajah saat presentasi.

2. Jadilah dirimu sendiri

Setiap orang tentu memiliki gaya khas presentasi masing-masing. Jadi, apa pun style yang kamu pilih, lakukan all out dan jadilah dirimu sendiri.

3. Bisa menebarkan energi positif

Adapun kunci presentasi efektif dan memukau ialah bisa menebarkan energi positif. Kuncinya ada di kontak mata dan senyum yang tulus.

Baca juga: Mahasiswa IPB Inovasi Sabun, Mandi Tanpa Bilas Air

Dengan kontak mata dan tatapan sesekali ke dewan juri, akan menciptakan ikatan atau bonding yang positif. Tambahkan senyum yang tulus karena energi positif itu menular.

4. Siapkan materi terbaik

Sangat penting untuk menyiapkan materi presentasi sebaik mungkin, baik dari segi visual yang akan ditampilkan maupun script outline yang menjadi acuan selama presentasi.

5. PPT yang outstanding

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com