Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Tips Hadapi Seleksi Wawancara ala Mahasiswa ITS

Kompas.com - 20/11/2022, 16:57 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Nalarfest Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) 2022 mengadakan Management Trainee Anggota (MANTRA) 2.0 bertajuk Interview 101, Minggu (13/11/2022).

Adapun narasumbernya ialah Fleet Management Intern PT. Pertamina International Shipping, Nicodemus Sintong Oloan Siahaan.

Menurutnya, wawancara sering dianggap tahapan tersulit dalam suatu proses seleksi organisasi, pekerjaan, ataupun beasiswa.

Karena itu, ia membagikan tips hadapi seleksi wawancara bagi mahasiswa ITS.

Baca juga: Talkshow ITS Bagikan Kiat Berbisnis bagi Pemula

Dikatakan, terdapat beberapa aspek yang harus dikuasai untuk menaklukkan proses wawancara. Aspek tersebut berupa penguasaan tahap persiapan, kiat menjawab pertanyaan perekrut, serta kemahiran public speaking.

Dalam tahap persiapan, penting bagi peserta untuk melakukan riset mendalam terkait tempat mereka melamar atau mendaftar suatu posisi.

Tak hanya itu, para peserta juga diharapkan menyusun kemungkinan daftar pertanyaan yang akan dilontarkan.

"Luangkanlah waktu untuk merelaksasikan diri sebelum menghadapi wawancara. Sempatkan diri untuk baca buku atau sekadar mendengar musik," ujarnya dikutip dari laman ITS, Minggu (20/11/2022).

Sintong yang juga Presiden Society Petroleum Engineers ITS Student Chapter (SPE ITS SC) ini juga menekankan pentingnya kemampuan public speaking bagi mahasiswa.

Ia menjelaskan, kemampuan tersebut baru dapat dikuasai jika mahasiswa sudah paham akan motivasinya dalam mendaftar di suatu posisi yang dituju.

"Seorang mahasiswa harus memiliki kepercayaan diri untuk dapat melewati serangkaian proses wawancara ini," ungkap peraih beasiswa XL Axiata Future Leaders Angkatan 10 ini.

Mahasiswa Teknik Kelautan ITS angkatan 2019 ini juga turut membagikan satu kiat penting dalam menaklukkan pewawancara.

Secara sederhana, ia menerangkan bahwa mahasiswa sebaiknya mampu merespon pertanyaan dengan jawaban yang mengarah pada timbulnya pertanyaan lain.

Baca juga: ITS Punya Prodi Baru Kedokteran, Buka Lowongan Kerja Dosen dan Laboran

"Usahakan jangan menjawab terlalu umum, korelasikan dengan cerita juga," imbuh Sintong.

Karena itu ia berharap para peserta dapat selangkah lebih maju dalam menaklukkan proses wawancara. Ia juga berpesan agar mahasiswa tak lebih dulu menyerah jika belum berkesempatan lolos saat melamar suatu posisi.

"Teruslah berlatih karena semuanya membutuhkan proses, termasuk mahir dalam wawancara," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com