Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengurus IKA FEB USU Periode 2022-2026 Resmi Dikenalkan

Kompas.com - 13/11/2022, 11:02 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Sumatera Utara (IKA USU), Raden Muhmmad Syafii (Romo) melalui kuasanya Dr. Delyuzar melakukan prosesi pengenalan pengurus Ikatan Alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis (IKA FEB) USU di auditorium USU, Kamis (10/11/2022).

Pengurus IKA FEB USU sendiri sudah dilantik pada 19 Oktober 2022.

Baca juga: 8 Universitas Terbaik di Jawa Timur Versi QS AUR 2023, Ada 2 PTS

Proses pengenalan tersebut dirangkai dengan seminar internasional dan menghadirkan pembicara Prof. Ric Roi serta Prof. Mikolaj Jan Piskorski dari International Institute for Management Development (IMD) Business School, yang berpusat di Swiss.

IMD merupakan lembaga akademis dengan jangkauan global yang didirikan lebih 75 tahun lalu oleh para pemimpin bisnis.

"Adanya seminar internasional tersebut guna menambah wawasan peserta yang hadir tujuannya menambah wawasan kita semua," kata Ketua Panita Rahmat W Sembiring dalam keterangannya, Sabtu (13/11/2022).

Dia menyampaikan, perayaan pelantikan pengurus IKA FEB USU periode 2022 –2026 dan seminar bertema "Creating Effective Business Leader in The Digital Era and Facing Uncertainty Future" merupakan bagian dari rangkaian pelantikan pengurus IKA FEB USU yang dilaksanakan 19 September 2022.

Acara hari ini, sebutnya, dihadiri sekira 1.200 orang, terdiri akademisi, peneliti, dosen dan juga mahasiswa.

Lalu dihadiri pelaku dunia usaha, dunia industri, lembaga pemerintahan dan juga media massa.

"Kami mengucapkan terimakasih kepada Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, Kementerian BUMN, Rektor USU, Dekan FEB USU dan jajaran, Ketua Ikatan Alumni USU dan pengurus, Ketua IKAFEB USU dan seluruh sponsor yang mendukung acara ini," ungkap Rahmat.

Ketua IKA FEB USU, Agus Dwi Handaya menyampaikan, dengan amanah yang telah diberikan, mereka selanjutnya mencanangkan visi dan menghimpun kekuatan semua alumni.

"Niat utama kami mengemban amanah pengabdian kepada kampus, bukan untuk stepping-stone kekuasaan, popularitas, jabatan ataupun karier, baik di kampus maupun di luar kampus namun murni untuk pengabdian," ucapnya.

Baca juga: Sosok Maerel, Lulusan S1 Undip yang Raih IPK Cumlaude 3,92

Untuk mencapai visi tersebut, mereka akan memegang teguh lima prinsip work ethic dan purpose, yaitu pengabdian, integritas, keterbukaan dan indepedensi, serta sinergi berkelanjutan.

Lalu perlu adanya integritas, sehingga mereka berkomitmen selalu menjunjung tegaknya integritas dan nilai-nilai kejujuran dalam menjalankan tugas, tanggung jawab, dan program kerja.

"Melalui strategi tersebut disiapkan pula lima signature program kerja, yaitu penyediaan sarana dan kegiatan untuk mendukung kampus meningkatan pengetahuan dan kapabilitas civitas akademika, di antaranya webinar, poadcast series dan alumni mengajar," ungkapnya.

Dia menyebut, visi, work ethic, dan purpose tersebut mereka terjemahkan dalam tiga fokus strategi, yaitu memperkuat soliditas, organisasi, dan management.

"Program kerja ini tentunya tidak sekedar rencana, tetapi sudah dan akan terus kami jalankan, di antaranya podcast series bersama Deputi Gubernur Senior BI, webinar kesehatan, apresiasi dosen FEB USU, santunan sosial, acara kebersamaan fun walk, branding program, dan tentunya seminar internasional pada hari ini," ucapnya.

Baca juga: 3 Sekolah Kedinasan Polri, Terbuka bagi Lulusan Sarjana dan SMA

Pria yang akrab disapa ADH ini menambahkan, jangan bertanya tentang manfaat pribadi berhimpun di ikatan alumni, karena sudah terlalu banyak yang didapatkan semasa kuliah.

"Ini saatnya memberikan pengabdian, sekecil apapun itu untuk FEB, USU, untuk Sumatera Utara, dan untuk Indonesia," tukasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com