Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perkuat Literasi Siswa, FeLSI 2022 Resmi Dibuka dan Diikuti Lebih dari 4.000 Siswa

Kompas.com - 09/11/2022, 12:43 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbud Ristek melalui Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) menggelar Festival Literasi Siswa Indonesia (FeLSI) 2022 pada 7-11 November 2022.

FeLSI diharapkan dapat menjadi wadah pengembangan prestasi talenta peserta didik di bidang bahasa dan literasi, khususnya bidang cerita pendek, fotografi dan jurnalistik siswa.

FeLSI 2022 ini merupakan pengembangan dari lomba jurnalistik pada tahun 2020 dan dilaksanakan untuk kedua kalinya. Festival yang dilaksanakan secara daring ini mengangkat tema sejalan dengan tema Presidensi 20 yakni "Pulih Bersama, Bangkit Perkasa".

Festival literasi ini sekaligus menjawab arahan Presiden Joko Widodo terkait pengembangan sumber daya manusia (SDM) Indonesia unggul yang bersifat holistik, di mana literasi, numerasi, dan karakter, serta pengembangan talenta prestasi memiliki tingkat kepentingan yang sama.

Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Anindito Aditomo menyampaikan, festival literasi ini merupakan bagian penting dari Merdeka Belajar, di mana tujuan utamanya adalah mewujudkan pendidikan yang berkualitas bagi semua peserta didik.

“Dengan kegiatan seperti ini, siswa dengan beragam bakat dan minat, baik yang berbakat di bidang akademik, olahraga, seni, budaya, dan bahasa, semua mendapatkan kesempatan untuk tumbuh dan berprestasi,” ujar Anindito saat membuka FeLSI 2022 secara daring pada Senin (7/11/2022).

Tidak hanya itu, kata Anindito, festival literasi ini juga menjadi bagian dari pengembangan karakter dalam menumbuhkan kebiasaan membaca dan menulis, sekaligus mencipta dan memahami segala sesuatu secara lebih komprehensif.

Untuk itu, Anindito berharap para peserta festival ini bisa menjadi penggerak dan pelopor budaya literasi di sekolahnya masing-masing.

“Selamat atas terpilihnya karya adik-adik hingga bisa sampai tingkat nasional ini. Teruslah menulis cerpen (cerita pendek), membuat karya jurnalistik, membuat karya foto. Terus asah kemampuan Anda untuk menjadi versi terbaik dari diri Anda,” ucap Anindito.

Diikuti lebih dari 4.000 siswa

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com