Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 PTN Buka Jalur Prestasi D3, D4, dan S1, Referensi untuk Tahun 2023

Kompas.com - 07/11/2022, 12:27 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Beberapa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia membuka jalur prestasi bagi siswa SMA/SMK, MA maupun sederajat yang bisa dijadikan referensi seleksi masuk PTN tahun 2023.

Jalur prestasi ini dibuka oleh beberapa perguruan tinggi untuk siswa SMA/SMK, MA maupun sederajat yang memiliki prestasi akademik dan non akademik tingkat nasional maupun internasional.

Biasanya, masing-masing perguruan tinggi memiliki syarat tertentu untuk bidang lomba. Misalnya, minimal juara provinsi, nasional atau internasional.

Siswa juga bisa mendaftar jalur prestasi jika dirinya adalah hafidz atau hafidzah, aktif di Pramuka dan ketentuan lainnya dari PTN.

Meski tahun 2023 tinggal 2 bulan lagi, tidak ada salahnya mempersiapkan diri lebih awal dengan melihat informasi jalur prestasi dari 9 PTN di bawah ini. 

Baca juga: 10 Jurusan Kuliah yang Berpeluang Besar Jadi PNS

1. Universitas Indonesia (UI)

Universitas Indonesia (UI) sebagai salah satu perguruan tinggi negeri yang membuka jalur prestasi dalam skema penerimaan mahasiswa baru.

Dilansir dari laman SIMAK UI, syarat jalur prestasi adalah memperhitungkan juara yang diraih siswa.

Jadi, siswa yang ingin lolos di jalur prestasi UI minimal punya prestasi juara tiga atau peraih medali perunggu di kompetisi tingkat nasional dan internasional saat duduk di bangku SMA.

Penghargaan atau prestasi yang diraih, harus dilampirkan sertifikatnya sebagai bukti jika siswa memang benar berprestasi.

Tahun 2022, seleksi jalur prestasi UI dilakukan pada 12 Mei hingga 4 Juni 2022.

Kemungkinan, tahun 2023 akan dibuka pada periode yang sama. Untuk itu, siswa SMA sederajat perlu memperbarui informasi di laman SIMAK UI

2. Universitas Padjajaran (Unpad)

Jalur prestasi yang dibuka oleh Unpad, termasuk Seleksi Mandiri Unpad atau SMUP.

Dilansir dari laman SMUP Unpad, program ini merupakan penyelenggaraan seleksi masuk jalur prestasi di bidang Sains, Olahraga, dan Seni.

Adapun kriteria kelulusan ditentukan dari peringkat tertinggi di level nasional/internasional dari semua portofolio pendaftar yang telah memenuhi segala persyaratan.

Untuk informasi lebih lengkapnya bisa di cek di laman smup.unpad.ac.id

Baca juga: 80 Persen Mahasiswa Bekerja Tidak Sesuai Jurusan, Ini 4 Alasannya

3. Universitas Brawijaya (UB) 

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com