Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prodi PTB FT UNJ dan WIKA Raih HKI dan Rekor MURI untuk Kolaborasi Program MBKM

Kompas.com - 04/11/2022, 10:39 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta (Prodi PTB FT UNJ) menjalin kerja sama dengan Divisi Biro Knowledge Management, Departemen BIM dan Riset, PT. Wijaya Karya Persero (WIKA) untuk program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Manfaat kegiatan tersebut bukan hanya peningkatan pengalaman dan pengetahuan mahasiswa sebagai peserta magang, namun beberapa luaran yang dihasilkan.

Salah satunya Hak Kekayaan Intelektual (HKI) atas Dokumen Implementasi Magang MBKM Berbasis Kompetensi BIM Terkonversi Mata Kuliah Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Jakarta PT. Wijaya Karya (Persero) Tbk” dengan nomor HKI EC00202135265.

Selain HKI, kolaborasi ini juga menghasilkan penghargaan Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) atas rekor BUMN pertama yang menyusun Kurikulum Building Information Modelling (BIM) dengan Perguruan Tinggi.

Penyerahan piagam penghargaan rekor MURI Indonesia dilaksanakan pada Kamis, 3 November 2022 di kantor pusat WIKA.

Pada acara ini hadir mewakili UNJ, Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama Totok Bintoro, Wakil Dekan I FT UNJ Imam Basori, Koordinator Program Studi PTB FT UNJ Anisah, dan Koordinator Program Studi Teknologi Rekayasa Konstruksi Bangunan Gedung FT UNJ Lenggogeni.

Totok Bintoro menyampaikan, "penghargaan rekor Muri ini merupakan wujud prestasi teman-teman Fakultas Teknik dalam mengimplementasikan program MBKM melalui suatu kolaborasi dengan BUMN ternama PT. WIKA Tbk."

"Saya berharap teman-teman FT tidak berpuas diri, teruslah berkarya untuk negeri," ungkap Totok Bintoro.

Dalam kesempatan sama, Anisah menyampaikan, "kompetensi BIM pada kurikulum kami termuat dalam beberapa mata kuliah di antaranya, yaitu: Aplikasi Manajemen Konstruksi dan Analisa Struktur."

Baca juga: Dosen FMIPA UNJ Terapkan Alat Antropometri Cerdas “Nimbang Balita” dalam Implementasi MBKM

"(Hal ini) merupakan implementasi Kurikulum MB-KM Skema Magang, sebagai penguat atau reinforcement Program Magang Industri yang rutin dilaksanakan oleh mahasiswa kami setiap semester di Departemen BIM & Riset PT WIKA," ucap Anisah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com