Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peduli Diabetes, Mahasiswa Unair Edukasi Gen Z Tak Berlebihan Konsumsi Gula Tinggi

Kompas.com - 14/10/2022, 11:31 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber UNAIR News

KOMPAS.com - Kini, banyak dijual minuman dan makanan siap saji atau yang mengandung gula tinggi. Karena itu, anak-anak muda diharapkan agar tidak berlebihan mengonsumsinya.

Terkait hal itu, mahasiswa FIB Universitas Airlangga (Unair) mengikuti kompetisi Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional INSTINCT 6 oleh FEB Universitas Riau pada 20 Juli hingga 2 Oktober 2022.

Saat ikut lomba tersebut, mahasiswa Unair berhasil meraih juara 3 dengan tema yang diusung yakni The Action of Gen Z as the Golden Generation to Revive and Restore the Indonesian Economy with G20 Presidency.

Baca juga: Dosen Unair: Ini 5 Cara Membangun Konsep Diri yang Positif

Melansir laman Unair, Jumat (7/10/2022), Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional INSTINCT 6 merupakan kompetisi karya tulis ilmiah yang mengajak untuk pemuda dapat berinovasi dan riset bersinergi.

Adapun mahasiswa Unair memperkenalkan inovasi MELITOO. MELITOO merupakan inovasi kafe sehat dengan langkah mencegah diabetes pada Gen Z melalui pemberdayaan UMKM produsen pemanis buatan stevia.

Tentu, gagasan yang mereka canangkan berawal dari mulai maraknya minuman viral yang mengandung gula yang tinggi dan Gen Z menjadi target pasar mereka.

Hal ini mendorong mahasiswa Unair untuk memberikan edukasi pada Gen Z tidak berlebihan mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula tinggi.

Baca juga: Ini Analisis Pakar Unair Terkait Keluhan Pertalite Boros

Ketiga mahasiswa FIB Unair itu ialah Muhammad Nauris Firdaus Rofaudin, Nuzula Maghfiro dan Yulia Rohmawati.

Tak hanya itu saja, mahasiswa FIB Unair juga mengajak UMKM produsen pemanis buatan stevia untuk mendukung inovasi yang mereka canangkan.

Salah satu tim, Nauris menjelaskan bahwa dalam mengikuti kompetisi ini mereka melewati beberapa tahapan, mulai dari:

1. seleksi abstrak

2. pengumpulan full paper

3. tahap presentasi gagasan

Terkait hal itu, Nauris berpesan agar mahasiswa berani dalam memulai sesuatu dan agar tidak malu untuk menyuarakan suatu ide atau gagasan.

Baca juga: 6 Makanan bagi Penderita Asam Lambung, Info Ners Unair

"Bekerja dengan tim dan menjaga kekompakan merupakan kunci tampil maksimal dalam sebuah kompetisi," terangnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com